Kulit timbul bercak coklat tatapi tidak gatal

BO Info Penanya: BO, Pria, 23 Tahun
Dok di kulit dan perut saya muncul bercak bercak coklat udah lama tapi tidak gatal gimana solusi nya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore BO,

Bercak coklat pada kulit adalah keluhan yang bisa timbul karena beberapa penyebab seperti karena reaksi alergi, bisa karena hiperpigmentasi kulit atau perubahan warna kulit menjadi lebih gelap, infeksi kulit seperti infeksi jamur atau tinea corporis, dan penyebab lainnya.

Cara mengatasi bercak coklat pada kulit

Adanya peradangan kulit juga bisa menjadi pemicunya. Untuk itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasinya seperti:

  • Gunakan pelembap kulit
  • Hindari paparan alergen seperti sabun, detergen ataupun produk lain yang mengiritasi
  • Gunakan produk yang hipoalergenik
  • Jaga kebersihan kulit dengan mandi rutin dan mengganti pakaian terutama jika berkeringat
  • Gunakan pakaian yang tidak terlalu ketat

Jika tidak ada perbaikan dan bercak tersebut menetap, ada baiknya periksakan pada dokter spesialis kulit atau dokter kecantikan untuk dilakukan penanganan untuk menghilangkannya. Baik dengan tindakan seperti perawatan laser, dermabrasi ataupun dengan pengobatan.

Apabila timbul rasa gatal atau ruam semakin banyak dan melebar, bisa gunakan losion calamine untuk meredakan gejala gatalnya dan segera periskakan diri pada dokter atau dokter kulit. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak kebiasaan yang memicu wajah cepat tua, seperti sering menggosok mata dan tidak menggunakan tabir surya yang tepat

Tanpa Aplikasi, Kebiasaan Ini Bisa Buat Wajah Menjadi Cepat Tua

Saat ini jagat dunia maya dihebohan dengan sebuah aplikasi, yang dapat membuat foto Anda menjadi tampak lebih berkeriput. Tanpa aplikasi tersebut pun, sebenarnya kulit wajah Anda akan terlihat cepat tua, akibat beberapa kebiasaan kecil dan kondisi berikut ini.