Apa penyebab gatal di punggung?

JV Info Penanya: JV, Wanita, 1 Tahun
Dok kalo boleh saya tanya kenapa di punggung tiba tiba muncul seperti bentol seperti digigit nyamuk dan berakhir kering karena gatal tetapi hanya di kiri doang dan tidak banyak , apakah mungkin karna kutus kasur? Dan tidak bahaya ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, JV.

Gatal adalah sensasi tidak nyaman yang dirasakan pada kulit, yang menimbulkan refleks ingin menggaruk. Gatal bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Penyebab gatal bervariasi, bisa disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, jamur, parasit, tungau, ataupun alergen.

Terkait pertanyaan Anda, gatal yang muncul karena bentol di punggung bisa disebabkan oleh beberapa hal yang disampaikan di atas. Anda juga dapat mengamati apakah pemicu bentol tersebut. Misalnya, apabila rasa gatal dan bentol timbul saat berbaring di tempat tidur, ada kemungkinan hal ini disebabkan oleh tungau (kutu) di tempat tidur. Tetapi, jika timbul setelah mengonsumsi makanan tertentu, bisa saja disebabkan alergi makanan.

Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter spesialis kulit untuk menentukan penyebab pasti dari keluhan Anda, apabila tidak hilang atau semakin parah. Untuk sementara, taburkan bedak salisil di bagian yang gatal, ya. Pastikan pakaian Anda tidak terlalu ketat, dan jaga kulit agar tidak terlalu lembab. Jaga kebersihan benda-benda yang menempel langsung ke kulit. Juga, hindari makanan yang memicu alergi, jika ada. 

Terima kasih, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik putih pada mata tak selalu katarak namun bisa juga luka pada kornea mata

Ini Cara Membedakan Luka pada Kornea Mata dan Katarak

Meski keduanya muncul bintik putih, luka pada kornea mata berbeda dengan katarak. Luka pada kornea berada di ulkus kornea, sedangkan katarak di lensa mata.