Bisul yang bernanah coklat kehijauan

FN Info Penanya: FN, Wanita, 22 Tahun
Dok mau tanyaTemen saya kmren kek bisul gitu, lalu pas pecah yang keluar tuh bukan nanah tapi kek tanah gitu coklat, Ijo gitu lah kek masker mud jafra Nah itu kenapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FNM.

Bisul adalah gangguan kulit berupa benjolan kemerahan yang dapat berisi nanah dan disebabkan oleh infeksi bakteri. Bisul dapat terjadi di bebagai bagian tubuh, namun umumnya terjadi pada bagian yang memiliki rambut, mudah berkeringat, serta bergesekan seperti ketiak, bahu, leher, wajah, atau bahkan pada dan bokong.

Nanah di dalam bisul ini merupakan produk sisa perlawanan sel darah putih sebagai bagian dari sistem imun yang memerangi infeksi bakteri. Biasanya nanahlah yang mengakibatkan bisul membesar dan memberikan sensanyi nyeri. Setelah matang bisul dapat pecah dan nanah akan keluar serta mengering tanpa disertai bekas luka yang berarti. Penyembuhnnyapun dapat berkisar hitungan hari hingga hitungan minggu bergantung pada derajat keparahannya.

Terkait dengan pertanyaan Anda, warna nanah yang ada pada bisul dapat dipengaruhi jenis bakteri yang menginfeksi dan mungkin warna kecoklatan tersebut berasal dari nanah yang bercampur dengan sel darah merah saat bisul pecah.

Umumnya hal tersebut tidak terlalu serius, terkecuali disertai gejala lainnya seperti berikut ini :

  • demam
  • rasa nyeri yang memberat
  • luka bekas pecahan bisul yang tidak kunjung mengering
  • ukuran bisul yang besar (>5cm)
  • tidak membaik dalam hitungan waktu 2 minggu
  • terjadi infeksi yang berulang

Jika terdapat gejala-gejala tersebut, ada baiknya teman Anda memeriksakan diri kepada dokter Spesialis Kulit agar diberikaan penanganan yang tepat.

Berikut saya lampirkan artikel mengenai tips mengatasi bisul secara alami yang dapat teman Anda lakukan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan menggigit kuku lebih buruk dari kelihatannya

Apakah Kebiasaan Menggigit Kuku Berbahaya?

Sama seperti kebiasaan-kebiasaan lainnya, perilaku menggigit kuku seringnya hanya dianggap sebagai kebiasaan buruk semata. Padahal, menggigit kuku dapat membuat Anda lebih berisiko terkena penyakit.