01 Mar 2020, 02:30Kulit & Kelamin

Kulit menjadi kehitaman dan belang karena apa?

HD
Info Penanya: HD, Pria, 36 Tahun
Dok saya penderita hiv..jadi dua tahun yg lalu hb saya turun jadi 2 dan cd4 saya jadi20..yg ingin saya tanyakan kenapa kulit saya jadi menghitam dan belang..apa ada ibat nya untuk mengembalikan kulit saya seperti semula??trms dok
26278 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang HD,Perubahan pada warna kulit adalah timbul karena beberapa penyebab seperti pengaruh paparan sinar matahari, adanya infeksi kulit, efek samping obat dalam hal ini obat antiretroviral (ARV), kondisi kesehatan lainnya, ataupun pengaruh hormonal dan penyebab lain.Beberapa efek samping dari obat antiretroviral diantaranya seperti penurunan nafsu makan, perubahaan kadar lemak dalam tubuh, diare, mudah lelah, mual dan muntah, perubahan suasana hati seperti bisa memicu cemas, menimbulkan ruam pada kulit, sulit tidur dan lainnya.Salah satunya yang dapat menimbulkan ruam pada kulit adalah obat antiretroviral nevirapine yang menjadi salah satu kombinasi pada obat antiretroviral yang dikonsumsi. Untuk membantu mengatasi ruam kulit perlu menggunakan pelembab kulit seperti body lotion ataupun moisturizer baik yang alami ataupun produk perawatan kulit.Apabila ada rasa gatal dan juga ruam yang makin memberat maka bisa disertai adanya infeksi kulit, dalam hal ini ada baiknya memeriksakan diri pada dokter agar dipastikan penyebabnya dan memberikan penanganan yang tepat. Upayakan juga menggunakan tabir surya terlebih jika banyak beraktivitas di ruangan terbuka atau terpapar matahari. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
perawatan kulithivruam kulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil