Kulit punggung sebelah ketiak terasa mati/kebas

SM Info Penanya: SM, Pria, 2019 Tahun
Dok bagian punggung kiri sebelah ketiak kulit terasa mati /kebas, tpi saya hanya merasakan gatal dan nyeri kadang kadang cuma sebentar, kira" penyakit apa dan mohon solusinya, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SM,

Keluhan pada kulit yang Anda rasakan perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung pada dokter atau dokter kulit agar dapat diketahui penyebab pastinya. Beberapa kemungkinan yang bisa menimbulkan gejala kulit kebas diantaranya adalah:

  • Penebalan kulit atau keratosis
  • Infeksi kulit seperti infeksi bakteri atau jamur
  • Adanya gangguan pada persarafan di area kulit tersebut
  • Adanya gangguan pada aliran darah
  • Tekanan pada area tersebut
  • Gangguan pada area punggung atau tulang belakang

Jika timbul adanya perubahan warna pada area kulit tertentu, adanya kebotakan pada area kulit tersebut, dan menjadi menurun kemampuan merasakan gatal atau sentuhan maka perlu dilakukan pemeriksaan. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti pemeriksaan kerokan kulit untuk mencari tahu apa penyebabnya sebelum dilakukan penanganan lebih lanjut.

Jaga kebersihan kulit dan hindari menggunakan sembarangan salep dan hindari menggaruk bagian tersebut agar tidak terjadi iritasi ataupun infeksi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat vitamin e untuk kesehatan kulit antara lain dapat meningkatkan perlindungan kulit dan menyamarkan bekas luka

4 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan Kulit

Manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit meliputi: meningkatkan perlindungan kulit, menyamarkan bekas luka, memperpanjang usia sel, dan memberikan perlindungan ekstra pada kulit. Selain itu, vitamin E juga berguna untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh.