Bagaimanakah proses penyembuhan luka pada kulit?

WH Info Penanya: WH
Dok, seminggu yg lalu penis sy gatal dan infeksi, skrg sdh kering lukanya, tp kulit jadi kencang(tidak elastis) jadi ketika penis saya ereksi kadang timbul luka lagi karena kulit yg kencang tadi ketarik dan robek. Tolong pencerahan dan cara penanganannya dok. Terimakasih ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, W

Terima kasih atas peryanyaan Anda

Riwayat infeksi kulit yang disertai dengan rasa gatal, dapat menyebabkan luka apabila digaruk. Luka tersebut akan mengalami proses penyembuhan dengan beberapa tahapan dimana waktu yang dibutuhkan tiap jenis luka akan berbeda.

Adapun tahap-tahap dalam penyembuhan luka adalah:

  • Proses hemostasis atau proses penghentian perdarahan, ketika sel sel darah akan berkumpul dan membntuk gumpalan, yang berfungsi untuk menghentikan proses perdarahan
  • Proses inflamasi atau proses peradangan. Selanjutnya, gumpalan darah tersebut mengeluarkan zat kimia yang menyebabkan peradangan pada area sekitar luka, sehingga kulit tampak kemerahan, bengkak, dan panas. Kondisi ini, diikuti dengan datangnya sel-sel darah putih untuk membasmi bakteri pada area luka, sehingga tidak terjadi infeksi
  • Proses pembentukan jaringan baru. Lalu, sel darah merah akan membawa oksigen oksigen ke daerah luka untuk membentuk jaringan baru. Proses penguatan jaringan
  • Pada proses terakhir, jaringan baru yang telah terbentuk akan semakin kuat. Luka dan kulit sekitarnya nampak seperti tertarik, agar jaringan kulit baru kuat di tempatnya. Proses ini membutuhkan waktu yang berbeda-beda, bisa beberapa hari / minggu / bulan ataupun sampai hitungan tahun.

Terkait dengan pertanyaan Anda, kondisi Anda saat ini bisa dalam proses penguatan jaringan, atau bisa juga karena keloid, atau karena kondisi medis yang lainnya. Untuk dapat memastikannya, perlu dilakukan pemeriksaan fisik. 

Tindakan yang bisa Anda lalukan untuk mempercepat penyembuhan luka adalah dengan memberikan pelembab pada area kulit yang terluka dengan gel pelembab/minyak zaitun/minyak kelapa murni, jaga kebersihan area luka, konsumsi makanan bergizi, dan cukupi kebutuhan cairan harian Anda.

Bila keluhan tidak membaik, periksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat dari lokasi Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika rambut rontok Anda berjumlah hingga 100 helai per hari, kondisi ini masih normal

Ini Jenis Rambut Rontok dan Penyebabnya, Anda Pernah Mengalaminya?

Kerontokan pada rambut menjadi hal yang mengganggu. Penyebab kerontokan adalah sel-sel lama didorong keluar melalui permukaan kulit. Terdapat 6 jenis kerontokan rambut.