Kulit payudara pecah-pecah

J Info Penanya: J, Wanita, 16 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya. Baru - baru ini puting payudara sebelah kanan saya kulitnya pecah" lalu muncul benjolan kecil disertai rasa gatal. Kira" apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam J,

Berdasarkan keluhan yang dialami kulit payudara pecah-pecah dan gatal bisa dikarenakan iritasi akibat bahan pakaian dalam sehingga terjadi gesekan, dikarenakan produk sabun. Untuk penyebab yang lain juga bisa dikarenakan alergi dan infeksi. Biasanya keluhan ini disertai dengan kemerahan.

Penyebab lain, jika anda sedang menyusui, kemungkinan mengalami mastitis. Mastitis adalah peradangan akibat penyumbatan saluran air susu atau terkena infeksi. Biasanya mastitis disertai puting payudara terasa gatal, bengkak, merah, perih dan nyeri.

Benjolan payudara diakibatkan jaringan yang tumbuh. Penyebabnya sendiri tergantung dari jenis benjolan itu. Karakteristik benjolan apakah tunggal atau banyak, ukuran kurang dari 5 cm atau lebih, lunak, kenyal atau padat, benjolan bergerak atau tidak, dan benjolan muncul dipengaruhi menstruasi atau tidak.

Segera periksakan ke dokter jika benjolan tidak hilang setelah menstruasi dan lebih dari 4 atau 6 minggu, benjolan membesar.

Untuk kulit payudara yang pecah, disarankan untuk menjaga kelembabkan kulit dengan menggunakan pelembab atau memakai krim petroleum jelly. Disarankan juga untuk tidak menggunakan bra terlalu kencang.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sylvi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obesitas dapat menjadi penyebab kanker ovarium

Jaga Berat Badan Anda, Obesitas dapat Jadi Penyebab Kanker Ovarium

Kanker ovarium seringkali tidak menunjukkan gejala apapun pada awalnya, sehingga terkadang tidak disadari. Selain itu, ada beberapa faktor risiko penyebab kanker ovarium seperti obesitas, bertambahnya usia hingga riwayat kesehatan keluarga yang mengalami kanker ovarium dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker ovarium.