kulit muka keriput

LK Info Penanya: LK, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, saya wanita usia 21 tahun, kenapa yah kulit muka saya jadi keriput setelah berhenti pemakaian cream dokter padahal cuma pakai 5 hari, tapi setelah itu malah muka saya jadi keriput, padahal saya belum bersuami, boleh minta solusinya apa tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi LK

Kulit keriput biasanya disebabkan paparan sinar matahari, proses penuaan, kurangnya konsumis vitamin kulit seperti vit c dan e,  penggunaan kosmetik yang mengandung alkohol dan zat kimia.

Pada paparan sinar matahari kulit menjadi kering dan kehilangan elastisitas hal tersebut memicu keriput, sedangkan pada penggunaan cream atau zat kosmetik beberapa dapat memicu sumbatan pori, pelepasan cairan dan hilangnya elastisitas kulit sehingga kulit lebih gampang kering. 

Saya sarankan untuk menjaga kelembapan kulit agar tidak keriput, gunakan tabir surya jika terpapar matahari, gunakan pelembab kulit yang berbahan air, selalu mencuci wajah jika terkena debu, gunakan pelindung seperti masker wajah jika di luar gedung agar tidak terpapar panas dan debu. Konsumsi buah dan sayur atau vitamin antioksidan seperti vit c atau e.

Jika keluhan tidak berubah ada sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (SP.KK)

Salam sehat 

dr.Zulham

LK
10 Aug 2019, 00:49
Terimakasih sarannya dok ?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski befungsi untuk melindungi tubuh, bisa saja kulit mengalami penyakit seperti jerawat dan bisul

Mengenali Anatomi Kulit yang Ternyata Memiliki Begitu Banyak Fungsi

Anatomi kulit terdiri dari tiga lapisan yang memiliki fungsinya masing-masing bagi tubuh. Sebagai organ tubuh paling besar yang melindungi bagian dalam tubuh, kulit harus dijaga kesehatannya, terutama mencegah penyakit-penyakit yang biasa menyerang kulit.