kulit muka keriput

LK Info Penanya: LK, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, saya wanita usia 21 tahun, kenapa yah kulit muka saya jadi keriput setelah berhenti pemakaian cream dokter padahal cuma pakai 5 hari, tapi setelah itu malah muka saya jadi keriput, padahal saya belum bersuami, boleh minta solusinya apa tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi LK

Kulit keriput biasanya disebabkan paparan sinar matahari, proses penuaan, kurangnya konsumis vitamin kulit seperti vit c dan e,  penggunaan kosmetik yang mengandung alkohol dan zat kimia.

Pada paparan sinar matahari kulit menjadi kering dan kehilangan elastisitas hal tersebut memicu keriput, sedangkan pada penggunaan cream atau zat kosmetik beberapa dapat memicu sumbatan pori, pelepasan cairan dan hilangnya elastisitas kulit sehingga kulit lebih gampang kering. 

Saya sarankan untuk menjaga kelembapan kulit agar tidak keriput, gunakan tabir surya jika terpapar matahari, gunakan pelembab kulit yang berbahan air, selalu mencuci wajah jika terkena debu, gunakan pelindung seperti masker wajah jika di luar gedung agar tidak terpapar panas dan debu. Konsumsi buah dan sayur atau vitamin antioksidan seperti vit c atau e.

Jika keluhan tidak berubah ada sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (SP.KK)

Salam sehat 

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh LK
10 Aug 2019, 00:49
Terimakasih sarannya dok ?

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak ada cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari

Memang Ada Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dalam 1 Hari?

Meski tidak ada cara menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari, Anda tetap dapat mengebut penyembuhan jerawat dengan cara-cara berikut ini.