Kulit merah merah dan gatal sudah tiga hari

NI Info Penanya: NI, Wanita, 18 Tahun
Hi doktor ,saya ade terkena penyakit ni tapi saya x tau apa nama penyakit tu...dia sperti gatal gatal di badan,leher punggung ,berwarna merah dan tiada bintik bintik yang kelihatan di kulit saya.saya kena penyakit ini sudah w hari tidak hCiriilang . Apakah puncanya dan nama penyakit ini doktor ? Trima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam Mbak NI,

Keluhan kulit merah-merah pada beberapa tempat badan, leher, punggung, dan rasa gatal dapat disebabkan oleh infeksi, eksim, dan biang keringat.

1. Infeksi virus

Ciri kasus infeksi ialah ada penularan misalnya bekas seruangan atau bercakap-cakap dengan penderita penyakit kulit juga, timbul mendadak di seluruh tubuh, disertai gajala infeksi seperti demam, sakit kepala, lemas. Umumnya infeksi virus hilang dalam 5-7 hari, perhatikan kebersihan tubuh tetap mandi walaupun dengan air hangat bila sedang demam, istirahat cukup dan makan bergizi agar daya tahan tubuh meningkat

2. Alergi kulit atau eksim

Umumnya ada riwayat alergi di ayah atau ibu atau saudara kandung. Riwayat alergi dapat berupa sering biduran, sering bersin dan pilek, atau mata sering berair. Bersifat kronis artinya mungkin sudah pernah mengalami masalah seperti ini namun frekuensinya bisa sering atau jarang kambuh tergantung pola istirahat dan stres dan iritasi kulit. Gejala yang dominan ialah kulit kering dan gatal. Pelembab yang mengandung bahan aktif lipid factor, aloe vera, dan ceramide dapat menurunkan ambang gatal kulit. Pada sebagian kasus perlu pengobatan juga krim kortikosteroid sesuai anjuran dokter. Agar eksim tidak sering kambuh ketahui faktor penyebab gatal dan kering selengkapnya ya.

3. Biang keringat atau keringat buntet

Pada individu yang bertubuh gemuk, bekerja pada tempat panas, dan pakaian tertutup mudah terkena penyakit ini. Gejalanya problem kulit muncul pada daerah tertutup dan lipatan karena banyak berkeringat di sana. Daerah tsb adalah badan, leher, punggung, dan daerah ketiak. Sementara tangan dan kaki dan wajah karena lebih sejuk sirkulasi udaranya relatif tidak terkena. Pengobatan dengan memperbaiki kesejukan baju dan lingkungan, mandi dengan air dingin lalu pakai bedak salicyl atau calamin agar kulit sejuk, dan menghindari produk kulit yang lengket dan bikin gerah.

Tips untuk kulit agar tidak merah dan gatal adalah:

  • Gunakan pelembab kulit tiap malam hari dan tabir surya tiap pagi hari yang cocok
  • Jaga kebersihan kulit dengan mandi teratur dan ganti baju dan pakaian dalam terutama bila banyak berkeringat.
  • Makan seimbang dengan batasi lemak dan manis-manis, perbanyak sayur dan buah yang mengandung vitamin C, A, dan E
  • Banyak minum air putih untuk kelembaban kulit
  • Kebersihan hewan peliharaan juga perlu diperhatikan agar tidak menjadi sumber kuman.
  • Istirahat cukup dan hindari stress agar kulit tidak mudah meradang dan sensitif

Bila keluhan berlanjut periksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui kondisi kulit dengan menyeluruh dan mendapatkan krim atau losion yang paling cocok.

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit sensitif adalah gangguan kulit yang mudah didiagnosis oleh dokter dan dapat dilakukan perawatan

4 Penyakit Kulit pada Kulit Sensitif dan Cara Merawatnya

Ternyata, ada sejumlah penyakit kulit yang biasa dialami pemilik kulit sensitif. Setiap jenis penyakit kulit tersebut membutuhkan langkah perawatan tersendiri. Mulai dari kulit kering, hingga photodermatoses.