20 May 2020, 11:59Kulit & Kelamin

Kulit merah dan gatal saat dingin, kenapa?

FB
Info Penanya: FB, Pria, 23 Tahun
Halo dok,Mau bertanya, kulit saya merah dan gatal secara mendadak, bilah disentuh terasa hangat. Tidak ada bentolan atau bintik bintik muncul, hanya merah dan gatal saja.Kulit saya juga jadi terasa sensitif terhadap udara dingin.Kira kira ada masalah apa ya sama kulit saya.
14684 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FB.Kulit adalah organ terluar pada tubuh manusia, yang salah satu fungsinya adalah memiliki organ-organ di dalam tubuh. Selain itu, kebersihan kulit juga penting dan bisa memengaruhi rasa percaya diri seseorang. Karena itu, masalah kulit seperti merah, gatal, atau ruam akan terasa sangat mengganggu.Kondisi yang Anda alami, yaitu merah dan gatal saat terkena udara dingin kemungkinan besar disebabkan oleh alergi. Ketika terpapar dengan suhu dingin, tubuh akan mengeluarkan sel-sel yang menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Selain itu, kemungkinan lainnya adalah urtikaria (biduran), atau ada penyakit lain seperti dermatitis.Untuk sementara, Anda bisa melakukan hal-hal berikut di rumah:
  • Menghindari udara dingin dengan cara memasang penghangat udara
  • Mengenakan pakaian panjang dan berbahan tebal saat udara dingin tidak bisa dihindari
  • Hindari menggaruk kulit yang gatal karena bisa memicu infeksi sekunder
  • Minum air putih yang cukup agar kulit tetap terhidrasi
Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit apabila ingin mengetahui lebih lanjut. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, misalnya laboratorium atau prick test untuk mengetahui penyebab pastinya. Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr. Sylvia
gatalurtikariabiduran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil