Kulit menjadi merah setiap kena panas matahari

E Info Penanya: E, Wanita, 26 Tahun
Dokter kulit wajah saya setiap kena panas matahari selalu menjadi merah, itu kenapa ya dok? Terus kulitnya terasa kering terkelupas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang E,

Paparan matahari dalam waktu lama terlebih sinar matahari yang diatas pukul 10 pagi dapat menimbulkan sejumlah masalah kulit seperti diantaranya adalah:

  • Iritasi kulit
  • Luka bakar
  • Acnitic keratosis atau kulit kasar bersisik pada kulit karena paparan matahari
  • Flek hitam
  • Meningkatkan risiko kanker kulit

Untuk itu hindari paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama. Gunakan pelindung seperti payung, kacamata hitam, topi ataupun tidak keluar ruangan di siang hari untuk melindungi paparan langsung sinar matahari, gunakan juga tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Jika keluhan kulit menetap atau terasa perih, gatal dan timbul tahi lalat yang bentuknya tidak jelas, tidak berbatas tegas, warna yang beragam atau mudah berdarah segera periksakan diri pada dokter kulit. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cacar monyet atau monkeypox dengan impetigo adalah penyakit yang berbeda

Cacar Monyet: Memahami Perbedaan Monkeypox dengan Impetigo

Cacar monyet sempat menggemparkan Inggris. Cacar monyet monkeypox dan cacar monyet impetigo adalah dua penyakit yang berbeda. Cacar monyet monkeypox merupakan salah satu penyakit dengan virus yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia serta memiliki gejala yang hampir serupa dengan cacar.