Kulit menjadi keriput dan memerah

RR Info Penanya: RR, Wanita, 47 Tahun
Saya ibu rumah tangga berusia 47 thn,baru dua hari saya memakai produk skincare yang menyebabkan kulit wajh sya kering bhkn menjadi keriput,berwarna merah dan perih rasanya.lalu ketiga harinya saya stop tidak pakai lagi produk itu.karen saya takut klu diteruskn nantinya makin parah.tindakan saya selanjutnya adalah saya pakai minyak zaitun,pakai madu dan mengompres dg air hangat.apakah tindakan saya benar dokter? Dan kulit wajah saya bisa kembali spt semula?mohon jawabannya dokter dan trimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RR,

Timbulnya keluhan ruam kemerahan ataupun kulit tampak kering dan keriput dapat merupakan reaksi alergi. Langkah yang dilakukan sudah tepat dengan tidak meneruskan menggunakan produk skincare tersebut. 

Apabila terasa masih gatal atau ruam belum berkurang bisa konsumsi obat antihistamin untuk meredakan reaksi alergi yang timbul seperti obat chlorpheniramine maleat.

Perhatikan setiap produk yang dibeli dimana produk harus sudah terdaftar di BPOM dan isi kandungannnya tidak ada yang mengandung zat atau bahan yang bisa merugikan penggunannya. 

Selain setiap akan mencoba produk baru, ada baiknya mencoba tidak langsung di wajah tapi bisa mencobanya di lengan untuk menilai ada reaksi alergi yang bisa timbul atau tidak. 

Jika terasa ada iritasi dan timbul reaksi alergi lebih berat seperti bengkak pada bibir atau mata, terasa sesak, keringat dingin segera periksakan pada fasilitas kesehatan terdekat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penggunaan krim streoid atau salep antijamur dapat membantu mengatasi ruam kulit

12 Cara Mengobati Ruam Kulit Berdasarkan Penyebabnya

Ruam kulit adalah infeksi jamur atau bakteri yang mengakibatkan kulit merah dan gatal. Kondisi ini dapat diatasi dengan pelembap, krim, atau salep antijamur.