Kulit mengelupas di seluruh badan

RO Info Penanya: RO
Dok adik saya seluruh kulitnya mengelupas dok. Apa ya penyebabya? Dan apa obatnya ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RO,

Keluhan kulit mengelupas di seluruh badan adalah kondisi kelainan kulit yang bisa terjadi karena beberapa kemungkinan seperti kulit yang kering, iritasi kulit, peradangan kulit atau eksim, penyakit autoimun seperti psoriasis, infeksi kulit, reaksi alergi, alergi obat dan juga penyebab lain.

Paparan bahan kimia juga bisa jadi penyebabnya seperti misalnya terlalu sering mencuci tangan, terkena sabun atau bahan kimia lain, cuaca yang kering, terkena paparan matahari juga bisa jadi penyebab kulit mengelupas. Untuk itu jika seluruh kulitnya mengelupas perlu meminta orang tua agar memeriksakan adiknya pada dokter spesialis kulit.

Untuk sementara bisa dilakukan penanganan pada adik Anda dengan cara:

  • Memberikan pelembap kulit baik produk pelembap seperti petroleum jelly ataupun bahan alami seperti minyak kelapa, lidah buaya, atau bahan lainnya
  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari penyebab kulit menjadi kering
  • Mengatasi penyebabnya jika karena infeksi atau peradangan kulit
  • Menggunakan produk seperti sabun yang hipoalergenik
  • Hindari udara yang terlalu dingin

Jadi ada baiknya memeriksakan kondisi kulit adik Anda pada dokter spesialis kulit ya agar dipastikan kondisinya dan diberika penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Nantinya juga perlu ditanyakan hal apa saja yang jadi pemicunya agar bisa tidak kembali kambuh. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alis gatal bukan suatu kondisi serius yang perlu dikhawatirkan

7 Penyebab Alis Gatal Terus Menerus yang Tak Boleh Disepelekan

Alis gatal bukan suatu kondisi serius yang perlu dikhawatirkan. Namun, pada beberapa kasus, rasa gatal di alis bisa semakin parah dan tidak kunjung hilang. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab alis gatal yang semakin parah dan tak kunjung hilang ini.