Kulit mengelupas akibat scrub garam

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Selamat sore Dokter. Saya sedang mencoba rutin menggunakan masker rumah untuk exfoliasi kulit dari scrub garam ditambah beberapa tetes jeruk. Belum sampai seminggu kulit saya mengelupas dan merah-merah. Apakah scrub garam ini tidak cocok ya dok untuk jenis kulit kering? Mending saya teruskan atau dijeda pemakainnya dok? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L,

Scrub merupakan salah satu metode perawatan kulit yang dapat dilakukan untuk membuang lapisan kulit yang sudah mati dengan lapisan kulit yang baru sehingga wajah akan tampak lebih segar, putih dan bercahaya.

Banyak bahan alami yang dapat digunakan sebagai bahan scrub seperti bubuk kopi atau garam. Namun bila bahan-bahan tersebut terlalu kasar atau digosokkan terlalu kencang maka akan menimbulkan iritasi pada kulit karena kulit akan mengelupas secara berlebihan. Kulit yang merah merupakan tanda bahwa kulit mengelupas secara berlebihan.

Sebaiknya bila kulit Anda mengelupas secara berlebihan maka oleskan pelembab atau masker lidah buaya untuk menjaga kelembapan kulit wajah, perbanyak minum air putih, gunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan, hindari menggosok wajah menggunakan scrub yang terlalu kasar atau menggosok dengan penuh semangat.

Bila wajah terus mengelupas atau terasa panas, gatal, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kulit agar mendapat penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alergi kafein muncul ketika Anda mengonsumsi sedikit saja minuman atau makanan berkafein, salah satunya kopi

Gatal-Gatal Usai Minum Kopi? Alergi Kafein Bisa Jadi Penyebabnya

Tak semua orang bisa menikmati secangkir kopi. Ada sebagian orang yang langsung gatal-gatal setelah mengonsumsi minuman berkafein tersebut. Kondisi ini dinamakan dengan alergi kafein.