Kulit kering merah dan terbakar akibat kosmetik dan cara meregenerasi kulit

MR Info Penanya: MR, Wanita, 2019 Tahun
Halo dok, saya perempuan 21 tahun, kulit saya habis terbakar akibat memakai kosmetik terlalu lama, kemudian muka memerah dan kering hingga kasar, namun belum kunjung mengelupas, bagaimana cara membuat kulit kering dan kasar saya agar lebih cepat meregenerasi dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam MR

secara normal kulit terdiri atas beberapa lapisan yang berputar dan regenerasi setiap 28 untuk proses pergantian kulit. Pada kulit yang cedera baik terkena luka bakar atau pun kesalahan penggunaan kosmetik, proses kerusakan kulit tergantung sampai batas mana yang rusak, jika mencapai lapisan kulit yang lebih dalam seperti stratum basalis, proses peyembuhan akan lebih lama serta membutuhkan bantuan nutrisi. 

Untuk kulit kering dan mengelupas, saya sarankan anda untuk sering mencuci muka, hindari penggunaan kosmetik yang berlebihan, diperbolehkan penggunaan pelembap kulit seperti baby oil, vaselin album. Selain itu hindari stress, perbanyak minum air, olahraga dan konsumsi vitamin e dan c.

Saran saya anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK) untuk memastikan masalah kulit anda

salam sehat

dr.Zulham Effendy

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dapatkan manfaat lidah buaya dengan mengonsumsinya maupun mengoleskannya ke kulit

Segudang Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda

Seringkali dikenal sebagai tanaman kecantikan, manfaat lidah buaya untuk tubuh memang sangatlah beragam. Mulai dari melembapkan kulit hingga membantu mengontrol gula darah, manfaat tanaman berduri ini sayang jika dilewatkan.