kulit kering mengelupas di dekat mata kaki dan betis, semakin di garuk maka semakin kering, gatal dan kehitaman

IM Info Penanya: IM, Wanita, 30 Tahun
Saya mau menanyakan tentang kulit di kaki saya yg kering dan mengelupas. Kulit di betis saya dan pinggiran mata kaki saya sering kering dan terkadang mengelupas. Apabila tergaruk dan mengelupas, mengering lagi dan warnanya menjadi lebih gelap bahkan kehitaman. Daerah kering tsb juga gatal setelah saya selesai mandi, walaupun sudah saya keringkan dengan handuk. Saya menggunakan Ceradan untuk mengurangi kering kulit dan gatal tsb sehabis mandi namun hanya mengurangi dan memperlambat kulit kering saja, tidak menyembuhkan.Mohon bantuannya dok, obat apa yg harus digunakan supaya bisa sembuh? Karena 2 tahun sebelumnya saya merasa belum ada penyakit ini. Saya terkena penyakit ini sejak 2017 dan menggunakan pengobatan dgn cream ceradan baru tahun ini 2019.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IM

Kulit gatal, kering mengelupas dan menghitam pada daerah betis dan mata kaki  dapat terjadi pada beberapa kondisi seperti tinea infeksi jamur, psoriasis vulgaris, linken simpleks kronik. 

Kulit pada infeksi tinea akan terasa gatal kering dan mengelupas, rasa gatal meningkat jika kulit basah, berkeringat dan panas. Semakin digaruk akan semakin gatal, kulit yang paling terasa gatal adalah paling pinggir d ikuti penipisan kulit yang sudah terkena bagian tengahnya. Untuk pengobatan sebaiknya diberikan obat salep anti jamur golongan ketokonazol yan di oles tipis meluas hingga beberapa centimeter dari kulit yang masih sehat. 

Selain itu juga terdapat psoriasis vulgaris yang terjadi sebagai respon cepatnya pertumbuhan lapisan kulit sebelum kulit lama selesai, kondisi ini membuat kulit menjadi semakin tebal dan kering, saat di garuk akan menimbulkan pengelupasan bercak seperti kerak lilin di ikuti bercak kemerahan darah. Lokasi paling sering terjadi di bagian tubuh yang sering terlipat atau banyak trauma seperti lipatan lengan, siku, mata kaki, lutut. Untuk tatalaksana biasanya diberikan kortikosteroid, preparat tar, asam salisil dan vaselin pelembab. 

linken simpleks kronik merupakan radang kulit kronik yang menebal disertai gatal, lokasi tersering adalah pada wilayah lipatan kulit, kaki dan semakin di garuk akan semakin gatal. Sering terjadi pada pertambahan usia tua dan stress.

Dirumah anda harus menjaga kebersihan kulit, jika kulit kering jangan terlalu sering digaruk. Preparat pelembab kulit seperti vaselin album, minyak kelapa dapat diberikan sebagai pelembab

Saran saya anda wajib berkonsultasi dahulu untuk memastikan penyebab gatal, kulit kering mengelupas tersebut dengan dokter spesialis kulit Sp.KK untuk mendapatkan tatalaksana yang lebih tepat. 

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kulit gatal terjadi akibat banyak berkeringat dan kotoran yang menumpuk pada kulit

Penyakit Kulit Gatal Ini Tidak Menular, Tapi Ganggu Kenyamanan dan Penampilan

Psoriasis adalah penyakit kulit dengan gejala gatal serta perih, yang pada umumnya muncul di area siku, lutut, kulit. Selain itu penyakit kulit gatal yang lain dan dapat menyerang yaitu biang keringat, dermatitis atopik dan dermatitis kontak.