Kulit kering dan sensitif, produk apakah yang harus saya gunakan?

AJ Info Penanya: AJ, Pria, 2019 Tahun
dokter saya pria 15tahun. kulit saya berjenis kering & sensitif. produk skincare apa saja yang harus saya gunakan? daj mohon rekomendasi produknya. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A

Prinsip membersihkan wajah adalah cleansing (membersihkan), toning (mengecilkan pori), exfoliate (menghilangkan kulit mati) dan moisturize (melembabkan). Sebelumnya pahami dulu kulit remaja, dimana kadar hormon semakin meningkat yang berarti peningkatan produksi minyak. Jadi tujuannya menyeimbangkan kulit tidak boleh terlalu kering atau terlalu berminyak.

Meningkatnya kadar testosteron juga meningkatkan produksi sebum (minyak) yang dapat menyumbat pori-pori sehingga timbul komedo dan jerawat. Setelah masuk masa puber, kulit juga menjadi lebih tebal karena lebih banyak produksi keratin (protein yang melindungi lapisan paling atas dari kulit). Hal ini juga berkontribusi pori-pori tersumbat.

Penggunaan salep kulit di wajah sebaiknya atas arahan dokter yang telah mengevaluasi kulit anda secara langsung. Hal-hal yang harus dihindari adalah produk susu sapi agar hormon lebih terkendali.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lipoma termasuk jenis tumor yang tumbuh di kulit

Termasuk Tumor, Apa Saja Penyebab Lipoma? Ketahui Juga Gejalanya

Lipoma adalah jenis tumor yang tumbuh di kulit. Penyebab lipoma biasanya dipengaruhi oleh faktor keturunan. Gejala lipoma adalah timbulnya benjolan kecil dan lunak pada leher, lengan, bahu.