Kulit kepala semakin gatal dan berketombe kering semenjak mepakai pewarna rambut. Serta adanya kulit telapak tangan dan kaki yang mengelupas

AL Info Penanya: AL, Wanita
Dok . Mau tanya kenapa ya semenjak saya pakai pewarna rambut kulit kepala jadi krasa semakin gatal dan jadi ketombe kering .pdhal seblumnya gak ada rasa gatal sama sekali . Dan semenjak kulit telapak tangan saya mengelupas selesai bergantian dg telapak kaki yg sampai sekrang masih mengelupas . Penyebabnya apa ya dok? Dan obatnya apa kalo untuk secara herbal/non herbal
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi Al,

Terima kasih telah bertanya di SehatQ,

Kulit kepala yang semulanya tidak gatal saat diberikan pewarna rambut dan sekarang menjadi gatal sampai berketombe itu merupakan suatu reaksi iritasi pada kulit kepala Anda. Pewarna rambut merupakan salah satu zat yang menyebabkan iritasi di kulit terutama kulit kepala yang jika penggunaannya terus menerus. Dalam bahasa medis dikenal dengan istilah Dermatitis Kontak.

Dermatitis kontak merupakan suatu peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit memerah, gatal, atau bersisik jika terkena zat tertentu. Dermatitis kontak biasanya terjadi akibat seringnya terpapar pada zat iritan secara berulang. Dermatitis kontak biasanya terjadi di tangan, kaki atau kepala yang sering kontak dengan zat atau  iritan. Penyebab terjadinya dermatitis kontak yaitu:

  • Penggunaan perhiasan, seperti penggunaan jam tangan, gelang dan cincin yang terbuat dari logam dan penggunaan dalam waktu yang lama.
  • Penggunaan produk pewarna rambut. Pada kasus Anda, Anda sering menggunakan produk pewarna rambut secara berulang-ulang.
  • Pewangi tubuh.
  • Alat kosmetik.

Cara mengatasi gatal dan berketombe pada kulit kepala Anda di rumah yaitu:

  • Segera cuci dengan air hangat agar mengurangi kemerahan dan gatal pada kulit kepala Anda.
  • Stop penggunaan pewarna kulit yang sama. Jika Anda menggunakan ulang, akan menimbulkan keluhan yang sama.
  • Konsumsi obat gatal secepatnya, seperti CTM.

Jika keluhan gatal dan ketombenya semakin banyak, segera konsultasi ke dokter Spesialis Kulit.

Semoga bermanfaat,

dr. Anugerah

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawat di kulit kepala muncul ketika Anda tidak membilas rambut hingga bersih sehingga masih ada sisa sampo yang tertinggal dan menyumbat pori-pori

Jerawat di Kulit Kepala? Ternyata Ini Pemicunya

Sama seperti jerawat di wajah, jerawat di kulit kepala terjadi karena ada penyumbatan pori-pori folikel rambut. Gunakan sampo antibakteri untuk membantu membasmi jerawat yang muncul di kulit kepala.