Kulit kepala penis bengkak sebelah, bagaimana penanganannya ?

JK Info Penanya: JK, Pria, 1 Tahun
dok?kulit kepala penis saya bengkak sebelah tapi tidak gatalbeberapa hari ini saya sudah mengoleskan krim yang mengandung mikonazole tapi bengkak nya tetapapakah kerja krim tersebut memerlukan waktu untuk proses penyembuhan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, JK.

Kulit kepala penis bengkak sebelah merupakan keadaan yang dapat terjadi karena berbagai faktor seperti iritasi, alergi hingga infeksi. Berbagai faktor penyebabnya dapat bersifat ringan maupun berat. 

Beberapa diantaranya ialah :

  • balanitis, peradangan pada kepala penis yang diakibatkan infeksi
  • reaksi alergi maupun iritasi
  • penyakit uretritis
  • posthitis
  • penyakit peyronie, penumpukan plak di bawah kulit penis
  • keganasan

Mengenai keluhan kulit kepala penis bengkak yang alami mungkin terjadi karena salah satu faktor atau kondisi medis yang telah dipaparkan diatas maupun faktor dan kondisi medis lainnya. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Perihal obat atau krim antijamur yang Anda gunakan ada baiknya tidak dilanjutkan karena belum tentu disebabkan oleh infeksi jamur. Terlebih lagi tidak ada gejala gatal pada Anda, sedangkan umumnya gejala dari infeksi jamur adalah gatal yang berat pada kulit, terutama saat lembap atau berkeringat.

Untuk sementara Anda dapat mengompres bagian yang bengkak dengan larutan NaCL yang dapat dibeli di apotek. Hindari menggunakan pakaian yang ketat untuk menghindari gesekan yang dapat memperparah keadaan yang dialami. Ada baiknya untuk diperiksakan pada dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Salam sehat, 

dr. Rahmita

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Papula penis mutiara atau pearly penile papules adalah benjolan-benjolan kecil (papula) yang terbentuk di sekitar kepala penis

Muncul Benjolan Kecil di Alat Vital Pria, Boleh Jadi Itu Papula Penis Mutiara

Pearly penile papules atau papula penis mutiara adalah benjolan-benjolan kecil yang bisa muncul di kepala penis pria. Benjolan ini tidak bernanah serta tidak menimbulkan rasa sakit. Papula penis mutiara juga bisa hilang sendiri seiring waktu.