Apa penyebab merinding?

GK Info Penanya: GK, Wanita, 17 Tahun
Selamat malam dok, saya mau tanya. Kalau kulit kepala bagian kiri sering terasa seperti merinding itu kenapa ya dok? akhir2 ini lumayan sering terjadi. Terimakasih dok, Semoga dijawab yaa..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, GKP.

Menurut KBBI, merinding didefinisikan sebagai berdiri bulu roma (atau bulu kuduk) karena takut dan sebagainya. Bulu roma adalah bulu-bulu halus yang tumbuh di sekujur tubuh manusia, mulai dari tengkuk, lengan, sampai kaki.

Mengenai keluhan Anda, apabila bulu pada kulit kepala terasa seperti berdiri, maka bisa saja disebabkan oleh rasa takut, cemas, khawatir, atau berbagai emosi negatif lainnya. Selain itu, adanya gaya listrik statis juga dapat menyebabkan bulu tersebut berdiri; misalnya, setelah menggesekkan penggaris ke bulu kepala.

Atau, bisa jadi keluhan yang Anda alami bukanlah merinding, melainkan rasa kesemutan atau kebas pada kulit kepala. Apabila demikian, maka hal ini bisa disebabkan oleh gangguan saraf, kondisi migraine, mengalami stres atau tekanan psikologis, serta peningkatan kadar kolesterol tubuh.

Untuk memastikan apakah sebenarnya keluhan Anda, berbahaya atau tidak, dan bagaimana terapinya, Anda dapat langsung memeriksakan diri kepada dokter spesialis kulit atau penyakit dalam. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang terhadap kulit kepala Anda. Setelah itu, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai, baik berupa obat maupun edukasi gaya hidup.

Selain itu, jagalah kondisi kulit kepala agar selalu sehat. Minum air putih yang cukup agar kulit tidak kering, dan konsumsi makanan kaya vitamin E. Selain itu, lakukan keramas secara rutin dengan sampo yang sesuai dengan jenis kulit.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tekanan berlebihan pada saraf merupakan penyebab kesemutan di tangan ataupun di kaki

11 Penyebab Kesemutan di Tangan Ini Jarang Diketahui

Penyebab kesemutan di tangan umumnya adalah karena adanya tekanan pada saraf. Namun jika tidak kunjung reda, bisa jadi tanda kerusakan saraf atau gangguan kesehatan.