Kulit kepala gatal dan berketombe

ZC Info Penanya: ZC, Wanita, 34 Tahun
kenapa kulit kepala saya sering gatal, padahal tidak ada kutu, tapi memang ada ketombe yang seperti pasir
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, ZC

Terimakasih atas pertanyaannya.

Gatal di kulit kepala anda kemungkinan dari ketombenya. Ketombe adalah akibat dari kondisi kulit kepala yang menumpuk hingga terlepas serpihannya. Sering kali disertai gatal. Penyebab pastinya belum diketahui tapi ada beberapa faktor yang meningkatkan kejadian ketombe. Diantaranya kebiasaan diri yang jarang mencuci rambut dengan shampo sehingga serpihan kulit tua menumpuk dan menjadi ketombe.

Kondisi kulit tertentu dan penggunaan produk rambut yang tidak cocok juga dapat menjadi ketombe. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah tapi untuk kasus yang berat sebaiknya bertemu langsung dengan dokter. Tujuan perawatannya adalah memperlambat reproduksi sel-sel kulit atau mencegah produksi jamur yang bisa menjadi penyebabnya.

Salah satunya dengan menghindari stres karena pada beberapa orang dapat meningkatkan ketombe. Kemudian anda juga dapat menggunakan shampoo lebih sering terutama bagi yang memiliki rambut dan kulit kepala berminyak. Mencuci setiap hari dapat membantu mengurangi ketombe.

Cara mencuci rambut adalah dengan menyikat rambut sampai ketombe berkurang, kemudian menggunakan shampoo anti ketombe. Biarkan selama 5 menit baru dibilas. Zat yang perlu dicari di shampoo nya adalah ketoconazole (anti jamur), asam salisilat (mengurangi sel kulit kepala yang mati), selenium (mengurangi minyak), zinc dan coal tar (menghambat pertumbuhan jamur).

Bila keluhan belum berkurang, saatnya evaluasi langsung dengan dokter kulit untuk terapi selanjutnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Badan gatal-gatal tanpa sebab sering terjadi pada lansia dan bisa jadi ada faktor pemicunya

Badan Gatal-gatal Tanpa Sebab pada Lansia. Apa Pemicunya?

Badan gatal-gatal tanpa sebab yang terjadi pada lansia dapat menghambat dalam memilih perawatan yang tepat. Gatal-gatal tanpa sebab dapat dipicu oleh gangguan saraf, kondisi psikologis, dan konsumsi obat-obatan.