Kulit kepala benjol dan gatal karena cat rambut, bagaimana cara mengatasinya?

AZ Info Penanya: AZ, Wanita, 18 Tahun
maaf dok saya mau tanya. kemarin malam saya cat rambut,waktu saya bangun, kulit kepala saya benjol dan gatal". cara mengatasinya bagaimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AZ,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, kemungkinan kulit rambut Anda mengalami alergi. Kepala gatal, bentol, bengkak, kemerahan dan luka setelah memakai cat rambut bisa menjadi salah satu gejala dermatitis kontak alergi (DKA). DKA bisa muncul karena paparan zat alergen tertentu seperti kosmetik, shampo, cat rambut, detergen, dll.

Reaksi alergi yang perlu di waspadai adalah reaksi alergi yang dapat meyebabkan pembengkakan pada area lidah dan tenggorokan, menimbulkan sesak nafas, sakit perut, mual dan muntah yang berat, berdebar debar dan penurunan tekanan darah. Jika Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter kulit.

Untuk mencegah munculnya alergi, beberapa hal yang perlu di waspadai :

  • Tes alergi terlebih dahulu apakah Anda memiliki riwayat alergi, tes ini bisa dioleskan pada kepala bagian belakang dan diamkan selama 2 hari.
  • Jika tidak muncul alergi, berarti produk tersebut aman di gunakan
  • Perhatikan komposisi yang di gunakan pada merk cat tertentu.
  • Usahakan pilih yang terdaftar di BPOM dan hypoallergenic.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Freckles dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ephelides dan lentigo

Freckles: Penyakit Kulit yang Menjadi Tren Makeup

Freckles merupakan bentuk terkecil berwarna kecokelatan yang muncul di area wajah bahlan lengan, penyakit kulit yang sempat menjadi tren makeup. Salah satu cara mencegah freckles muncul adalah menggunakan tabir surya.