Kulit kelamin saya warnanya berbeda, dan ada bintik hitam apakah ini sipilis?

A Info Penanya: A, Pria, 17 Tahun
Dok Di Kulit kelamin saya Kok warna nya Berbeda Berwarna putih terang Di bagian Smping kelurahan nya Pipi? Dan ada Seperti bintik hitam apkah Ini sipilis?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Terima kasih atas pertanyaannya.

Ruam pada kelamin bila disebabkan oleh sifilis akan berbentuk luka, kulit mengelupas atau borok. Ruam tersebut tidak akan terasa gatal atau nyeri. Kalau dari gambaran anda tidak seperti penyakit sipilis. Kulit pada kelamin menyerupai bagian kulit lain pada tubuh. Ada kelenjar minyak juga dan dia lebih sensitif karena mengandung banyak sensor saraf. Sedangkan pigmen yang memberi warna kulit juga lebih banyak dibanding kulit di bagian lain.

Kelenjar minyak itu bisa mengalami penyumbatan. Ada yang bintik hitam / putih seperti komedo tergantung dari isi dari sumbatannya. Bisa sampai jadi bentol seperti jerawat. Bila tidak terasa gatal atau nyeri, masih termasuk dalam kategori wajar dan tidak perlu terlalu khawatir. Namun bila ingin lebih jelas, anda bisa konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kulit agar dapat mengidentifikasinya dengan lebih detil. Semoga penjelasan dari saya bermanfaat. 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bila penyakit kulit eksim kambuh, terdapat beberapa cara mudah untuk mengurangi gejalanya

Terkena Penyakit Kulit Eksim? Begini Cara Mudah Merawatnya di Rumah

Penyakit kulit eksim adalah penyakit yang bisa kambuh sewaktu-waktu. Berikut ini adalah cara perawatan mudah yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan gejala-gejala eksim saat kambuh.