Sariawan di mulut vagina, bagaimana solusinya?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 13 Tahun
Dok saya mau bertanya apakah penyebab mulut vagina saya bisa gatal dan gatal tersebut sudah timbul mulai 1minggu yg lalu,dan juga dimulut vagina saya ada putih²tpi putih²nya itu seperti serbuk² dan jg mulut vagina saya berwarna merah karna saya menggaruknya,apakah solusi untuk mengurangi atau menghilangka rasa gatal tersebut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NR.

Vagina adalah organ tubuh yang sangat penting bagi wanita yang berfungsi sebagai alat reproduksi. Sayangnya, banyak orang yang belum tahu cara merawat area kewanitaan mereka dengan baik dan benar. Seringkali timbul gangguan pada vagina, seperti gatal, ruam, bintil-bintil seperti jerawat, atau putih-putih seperti sariawan.

Terkait kondisi yang Anda alami, sariawan berwarna putih yang berada di mulut vagina bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti bakterial vaginosis, virus herpes simpleks, atau jamur candida. Hal ini salah satunya bisa dipicu oleh infeksi menular seksual (jika Anda pernah melakukan hubungan seks berisiko). Sebaiknya pastikan penyebab pastinya dengan berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit dan kelamin, ya.

Untuk sementara, lakukan hal berikut untuk mengurangi rasa gatal:

  • Pastikan kebersihan area vagina
  • Jaga agar vagina tidak terlalu lembab
  • Gunakan bahan pakaian dalam yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat
  • Hindari menggaruk vagina karena bisa memicu infeksi lanjutan
  • Konsumsi obat antihistamin yang dijual bebas sesuai dosis

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawat di vagina bisa membuat penderitanya tidak nyaman

Jerawat di Vagina Bikin Risih, Atasi dengan 4 Cara Ini

Memiliki jerawat di vagina tentu sangatlah mengganggu. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Namun jangan khawatir, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.