17 Jun 2020, 17:09Kulit & Kelamin

Kulit kasar dan bentol-bentol di selangkangan apakah penyebabnya?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 16 Tahun
Dok saya mau nanya umur saya baru 16 th dan saya dilingkungan yang airnya lumayan bersih tapi kenapa kulit kasar bentol bentol kecil merah menghitam seperti koreng dan kadang terkelupas sendiri di kulit samping vagina tapi tidak mengenai vagina. Saya takut sekali saya bingung bagaimana cara mengatasi nya tolong bantuannya....
29132 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan Anda.Kulit yang bersih, sehat, terawat dan tanpa adanya ruam, ataupun bercak merupakan idaman seluruh orang baik pria maupun wanita. Kulit adalah salah satu indra peraba dan sebagai bagian terluar yang melindungi sebagain besar anggota tubuh kita. Keluhan kulit kasar, bentol di selangkangan dan mengitam pada area selangkangan bisa terjadi karena bebera kondisi pada kulit.

Beberapa masalah yang sering terjadi pada kulit area selangkangan yaitu:

  • Kulit kering
  • Alergi
  • Dermatitis
  • Iritasi akibat penggunaan produk tertentu atau gesekan dari pakaian dalam
  • Gigitan serangga
  • Infeksi jamur pada kulit seperti candidiasis
  • Infeksi bakteri pada kulit
  • Tinea cruris
Untuk itu, beberapa saran yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menjaga kerbersihan area kewanitaan dan sekitarnya. Anda bisa gunakan pakaian dalam dengan bahan yang menyerap keringat, mengganti pakaian dalam Anda setikdanya 2-3 kali dalam sehari, menghindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat sehingga gidak ada sirkulasi, menggunakan pelembab (lotion kulit) untuk kulit yang mengandung vitamin C dan E, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak buah dan juga sayuran, mencukupi kebutuhan cairan harian Anda agar tidak dehidrasi dan terhindar dari kulit kering serta bersisik, melakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat.BIlamana keluhan tidak membaik, periksakanlah diri Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat agar dapat diberikan terapi yang sesuai dengan penyebabnya.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dian
perawatan kulitkulit sekitar kelamingatalkesehatan kulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil