Kulit jari kaki mengelupas disertai gelembung air yang gatal

BW Info Penanya: BW, Wanita, 18 Tahun
Kulit jari kaki mengelupas, ada gelembung2 kecil berair, dan bagian itu terasa gatal. Apa itu penyakit kaki atlet atau kutu air? Bagaimana cara mengatasinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, BW

Penyebab gatal di jari kaki disertai gelembung berair yang disebut kutu air atau penyakit kaki atlit atau infeksi jamur kaki/tinea pedis. Infeksi jamur tersebut terjadi karena kita kurang menjaga kebersihan kaki, kebiasaan memakai sepatu yang lembab dan sempit.

Saya sarankan anda untuk menjaga kebersihan kaki, setelah mencuci kaki lap dengan kain bersih, hindari memakai kaus kaki dan sepatu basah, hindari juga penggunaan alas kaki yang terlalu sempit.  Untuk tatalaksana utama dapat diberikan salep anti jamur yang dioles tipis, luas melebihi kulit yang sehat karena jamur akan memakan lapisan kulit yang sehat sehingga penyebarannya dapat distop jika anti jamur diberikan sedikit lebih luas. Jika lesi kutu air terlalu banyak dan luas dapat ditambah obat minum anti jamur tablet. Jika gatal dapat diberikan antihistamin.

Jika lesi kutu air di jari tidak membaik anda dapat berkonsultasi dengan dokter. 

Salam sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bisul di kemaluan pria tidak berbahaya, namun bisa menjadi indikasi dari infeksi jamur atau penyakit menular seksual

Ternyata Ini Penyebab-penyebab Bisul di Kemaluan Pria

Bisul dapat muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk di penis. Bisul di kemaluan pria umumnya tidak berbahaya, dan dapat disebabkan oleh beberapa kondisi tertentu. Tetapi bisul juga bisa menjadi tanda adanya infeksi jamur atau penyakit menular seksual.