Kulit iritasi dan terbakar akibat minyak zaitun?

MR Info Penanya: MR, Wanita, 2019 Tahun
Halo dok selamat sore, saya ingin bertanya seputat Kulit : Jadi wajah saya itu habis iritasi ruam dan terbakar akibat minyak zaitun, jenis kulit saya saat ini kering karna saya sedang mengkonsumsi roaccutane 10mg , lalu pasca kulit saya terbakar ini saya di beri krim anti iritasi, Bolehkah setelah kemerahan iritasi reda saya melakukan Chemical Peeling untuk menghilangkan bekas luka bakar, kulit kering dan keriput pasca terbakar? karna wajah saya sudah terlanjur rusak dok seperti ingin mengelupas tapi tidak kunjung mengelupas hanya berbekas kasar kering yang tebal, saya sudah memberi pelembab namun tidak kunjung membaik, Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MR

Berdasarkan informasi dari anda sepertinya kulit anda tipe yang sensitif dan mudah iritasi. Sehingga perawatan apapun pada kulit wajah anda sebaiknya konsultasi dengan Dokter Ahli Kulit dan Kecantikan ya. Lapisan kulit ada beberapa lapisan, saat ini lapisan paling atas anda sudah ingin mengelupas. Tujuan chemical peeling adalah membuat mengelupas kulit lapisan atas sehingga diganti kulit baru di bawahnya. Tapi proses chemical peeling serupa dengan yang anda rasakan sebelumnya. Akan terasa gatal, kulit mengelupas dan timbul kemerahan. Kondisi itu akan berlangsung beberapa lama sampai dengan timbul kulit baru. Banyak wanita termasuk istri saya melalui fase tersebut.

Hal itu yang harus anda diskusikan dengan Dokte yang akan merawat kulit anda. Tanyakan apa efeknya pada wajah, berapa lama, bagaimana cara mengurangi gejalanya, dan sebagainya. Anda harus tanyakan dengan detail agar anda tidak kaget dan menghentikan terapi di tengah jalan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan merokok dapat menjadi penyebab kulit kering

5 Faktor Umum Penyebab Kulit Kering

Iklim tropis menjadi salah satu faktor utama masyarakat Indonesia mengalami kulit kering, Disamping itu, penyebab kulit kering dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti usia yang menua, pekerjaan, dan rokok.