15 May 2021, 16:28Kulit & Kelamin

Apa penyebab timbul ruam kecoklatan di ketiak?

HD
Info Penanya: HD0
Dok kulit saya terdapat bercak coklat dan melingkar di sekitar bawah ketiak. Tidak menimbulkan rasa gatal. Dan ukurannya semakin melebar. Apakah ada saran?
1233 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, HDTerima kasih atas pertanyaannya.Ruam kecoklatan dapat terjadi ketika produksi melanin atau zat warna kulit yang meningkat sehingga menimbulkan bercak yang berbeda dengan kulit lainnya. 

Penyebab bercak kecoklatan di kulit :

  • Infeksi jamur yang sering terjadi pada daerah yang mudah berkeringat. Bercak dapat timbul diawali dengan putih, lalu bisa menjadi coklat, kehitama, kemerahan.  Kulit akan teraba kasar dan bersisik. 
  • Reaksi alergi akibat paparan zat tertentu contohnya detergen, sabun, pewangi, parfum ataupun perhiasan.
  • Melasma yang terjadi karena paparan sinar matahari langsung. Lebih sering terjadi di wajah namun dapat terjadi di lengan, leher.
  • Ptiriasis alba atau infeksi yang disebabkan oleh virus sehingga menimbulkan keluhan bercak yang teraba kasar dan dapat melebar dan menyebar.
Sementara ini hindari digaruk agar tidak malah menjadi infeksi, gunakan sabun yang tidak mengandung alkohol dan pewangi, pastikan bahan pakaian serap keringat, lebih sering mandi terutama ketika tubuh berkeringat, konsumsi makanan tinggi vitamin C untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Bila keluhan anda sudah lama terjadi dan semakin lebar, tidak ada salahnya periksa ke dokter spesialis kulit untuk dilakukan pemeriksaan mendalam dan dapat diatasi dengan tepat. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
infeksi jamurdermatitis kontakpanuhiperpigmentasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil