20 Apr 2021, 12:13Kulit & Kelamin

Kulit wajah merah dan gatal, apa penyebabnya?

LR
Info Penanya: LR0
Siang dok, aku mau tanya malam itu wajah gue gak knapa napa masih mulus ajah sampai aku pulang main di luar nah pas sahur tiba" wajahku full merah smuah kluar bintik bintik seperti jrwat lalu ada juga bintik bintik kecil putih seluruh mukaku gatal bangett dok itu knapa ya ? Terimakasih
73 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, LTerima kasih atas pertanyaan AndaRuam kemerahan pada wajah bisa terjadi karena beberapa penyebab. Keadaan ini bisa juga terjadi secara tiba-tiba, baik tanpa gejala penyerta ataupun dengan gejala penyerta yang lainnya seperti bintik ataupun bentol, munculnya nanah, rasa gatal, demam dan lain sebagainya.

Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan kulit wajah memerah dan gatal adalah:

  • Alergi kulit, baik debu, cuaca, makanan dan lain sebagainya
  • Riwayat penggunaan make up atau produk perawatan kulit yang tidak seusai
  • Gigitan serangga
  • Kulit kering
  • Dermatitis
  • Kondisi medis lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satunya bisa disebabkan oleh penyebab yang tercantum di atas. Lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kulit secara online ataupun dengan periksa langsung ke dokter spesialis kulit terdekat untuk mendapatkan tatalaksana yang sesuai dengan penyebabnya.Tindakan sementara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengoleskan lotion calamine untuk membantu mengurangi rasa gatal, hindari makanan yang memicu alergi terlebih bila Anda ada riwayat alergi makanan terentu sebelumnya, konsumsi sayur dan buah, lakukan istirahat cukup, hindari penggunaan make up untuk sementara waktu, minum air cukup, jaga kebersihan tubuh terutama kebersihan wajah dan lingkungan sekitar Anda.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
alergigatalkesehatan kulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil