Apa penyebab bercak merah pada kulit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

N Info Penanya: N
halo dok saya mau tanya, kulit saya gatal2 dan sudah berhari2 tidak hilang bekasnya, masih merah bintik bintik di seluruh tubuh tolong bantuannya ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Bintik-bintik dikulit atau ruam kulit merupakan perubahan pada kulit berupa noda kemerahan, bintil, atau luka lepuh akibat iritasi atau peradanganBeberapa penyebab bercak merah pada kulit :

  1. Dermatitis Kontak
    Reaksi yang muncul ketika kulit bersentuhan dengan zat yang iritatif atau bahan yang dapat memicu alergi, seperti sabun, sampo, deterjen, perhiasan logam, debu, lateks, maupun produk kosmetik.
  2. Dermatitis Atopik
    Faktor pemicu timbulnya gejala eksim antara lain adalah kulit kering, infeksi kulit, dan alergi. Faktor lingkungan, seperti cuaca, debu, bulu hewan, juga turut memicu timbulnya eksim.
  3. Biduran
    Muncul bentol-bentol yang terasa gatal, perih, dan menyengat. Faktor pemicu biduran antara lain adalah reaksi alergi, infeksi, udara panas atau dingin, stres, dan obat-obatan tertentu, seperti antibiotik dan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Untuk mengatasi penyebab bintik-bintik kemerahan Anda dapat memberikan bedak anti gatal, jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat, jangan lupa menghindari pencetusnya alergi, namun jika keluhan tidak membaik atau bertambah buruk sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biduran merupakan salah satu ciri-ciri alergi

Ini Ciri-Ciri Alergi pada Kulit yang Mudah Dikenali

Ciri-ciri alergi bisa muncul di mana saja, terutama kulit. Ada yang gejalanya ringan, ada pula yang sangat berat hingga bisa menyebabkan kematian. Salah satu ciri-ciri alergi yang dapat dirasakan adalah biduran.