Penyebab kulit gatal dan mengelupas

IF Info Penanya: IF, Wanita, 14 Tahun
Permisi,Dok.Saya mau nanya,jari kaki saya awalnya gatal disertai kulit mengelupas,kering,dan kulit yang telah mengelupas berwarna merah.Selain itu setiap kali terkena air terasa perih dan kemudian keluar nanah berbau.Kira-kira ini penyakit apa ya dok? Bagaimana cara mengatasinya dan apa perawatan yang harus dilakukan di rumah?Mohon bantuannya,Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, I.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Gatal merupakan suatu reaksi pada kulit yang diakibatkan karena kulit kering, alergi, digigit serangga, dll. Ada beberapa penyebab yang menyebabkan kulit menjadi kering dan mengelupas.

Penyebab kulit mengelupas:

  • Terlalu sering mencuci kaki.
  • Faktor cuaca.
  • Terpapar zat kimia seperti detergen, sabun.
  • Alergi.
  • Eksim.
  • Psoriasis.

Kondisi yang Anda alami ini sudah merupakan suatu kondisi kulit yang terinfeksi bakteri karena sudah mengeluarkan nanah. Untuk mengatasinya, hrs dengan pemberian antibiotik yang tepat dari dokter spesialis kulit. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan langsung ke dokter kulit. Selain itu, yang bisa Anda lakukan di rumah yaitu menutup luka dengan kasa, membersihkan luka dengan antiseptik, dan luka jangan disentuh dengan tangan yang kotor. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alergi pada bayi disebabkan oleh kulit yang sensitif dan sistem kekebalan tubuh yang masih lemah

Ibu dan Ayah, Waspadai Berbagai Jenis Alergi pada Bayi Ini

Bukan hanya terjadi pada orang dewasa, bayi juga bisa mengalami alergi. Alergi pada bayi disebabkan oleh kulit yang sensitif dan sistem kekebalan tubuh yang masih lemah. Terdapat berbagai jenis alergi pada bayi yang harus diwaspadai.