Kulit di punggung ada jamur, sebelumnya pernah sembuh dan saat ini kambuh kembali.

AN Info Penanya: AN, Wanita, 30 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, Apakah obat untuk kulit berjamur di bagian punggung? Saya sudah pernah berobat ke sp kulit..saat itu sembuh total,,tetapi 2 tahun belakangan ini kambuh lagi. Kira2 apa obat dan cara menghindarinya agar tidak kambuh lagi,terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AN

Terima kasih atas pertanyaannya.

Infeksi jamur pada punggung Anda bisa disebabkan beberapa macam jamur, apakah tampilannya merah dan melingkar disertai kulit bersisik? Infeksi disebabkan jamur Tinea dan bisa menular melalui kontak langsung kulit dengan kulit. Bisa juga melalui pakaian dan furniture di rumah. Terutama pada kondisi panas dan lembab.

Ada juga jamur yang tidak menular dengan tampilan kulit kemerahan, bersisik dan gatal. Jamurnya berbentuk seperti ragi disebut Candida. Timbulnya di daerah kulit yang hangat, lembab dan berlipat. Seperti di ketiak dan sela paha. Terutama pada penderita diabetes atau kegemukan. Kulit juga bisa mengeluarkan cairan bening, atau bentol seperti jerawat.

Pengobatannya tergantung dari penyebabnya. Sebaiknya konsul kembali dengan Dokter Spesialis Kulit untuk mengidentifikasi jenis infeksinya. Anda akan diberikan salep dan bila diperlukan obat minum juga. Berikut artikel mengenai pengobatan kurap dan jamur.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Reaksi alergi bisa menimbulkan biduran dan gatal pada kulit akibat peningkatan histamin di bawah permukaan kulit

5 Penyebab Biduran pada Kulit yang Perlu Anda Kenali

Biduran dapat menimbulkan kemerahan, gatal, dan bentol pada kulit. Ada lima penyebab biduran yang harus diketahui, yaitu reaksi alergi, aktivitas di luar ruangan, gejala penyakit tertentu, olahraga, dan kondisi psikologis.