Apa penyebab benjolan di vagina?

MS Info Penanya: MS, Wanita, 17 Tahun
Umur saya 18 tahun.Ada benjolan kecil dibibir vagina saya disebelah kanan tapi tidak sakit sama sekali. Itu kenapa ya? Apa alasan atau kemungkinan yg menyebabkan munculnya benjolan itu?Terimakasih sblmnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Munculnya benjolan di kemaluan wanita menimbulkan rasa khawatir. Benjolan pada kemaluan wanita terkadang disertai dengan gejala lain, seperti nyeri atau gatal pada vagina, keputihan, perdarahan vagina, hingga rasa sakit atau tidak nyaman saat berhubungan intim.

Beberapa penyebab munculnya benjolan di kelamin wanita :

  1. Kista Bartholin
    Terjadi pada kelenjar bartholin bertugas memproduksi cairan lendir yang melubrikasi vagina. Kelenjar ini bisa saja tersumbat, sehingga cairan terperangkap di dalamnya kemudian membentuk kista. 
  2. Kutil kelamin
    kutil kelamin disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV), yang menular melalui kontak seksual. Kutil kelamin bisa muncul berupa benjolan di vagina (baik di bagian dalam maupun luar) serta di sekitar anus.
  3. Herpes kelamin
    Infeksi menular akibat virus herpes simplex (HSV). Infeksi virus ini ditandai dengan rasa tidak nyaman, demam, pembengkakan kelenjar, serta munculnya luka-luka pada bagian genital.

Untuk mengatasi keluhan Anda, Anda bisa melakukan berendam air hangat, menjaga kebersihan organ intim Anda jangan sampai lembab, gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat, dan jika keluhan tidak kunjung membaik sebaiknya, konsultasikan lebih lanjut ke dokter kulit dan kelamin.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh MS
30 Mar 2020, 18:13
Terimakasih atas jawabannya dok.Lalu dok, apakah benjolan ini sangat memungkinkan klu ini adalah kista? Dan apakah kista bisa diobati?Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
31 Mar 2020, 07:42
Selamat pagi MS,
Masih mungkin benjolan tersebut disebabkan oleh kista Bartholin. Dan kista ini kadang bisa menghilang dengan sendirinya, namun juga bisa berkembang menjadi bartholinitis bila kista ini mengalami infeksi bakteri, dan kondisi ini memerlukan tindakan sedikit penyayatan untuk mengeluarkan nanahnya.
Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan penyebab benjolan Anda.
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutil kelamin adalah salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV)

6 Cara Mengatasi Kutil Kelamin Pria dan Wanita

Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) dan dapat dialami oleh pria dan wanita. Beberapa cara untuk mengatasinya, antara lain pemberian salep dan bedah menggunakan laser.