Kulit gatal disertai bintik merah dan kadang berisi air

A1 Info Penanya: A1, Pria, 1 Tahun
Kulit gatal2, muncul bintik merah kadang bintik air, mkalau bintiknya agak besar bentuknya berupa buntik air...gatal2 terutama malam hari, gatalnya merayap terlebih kalau digaruk..SAKIT APA YA OBATNYA
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kulit yang terasa gatal terjadi karena adanya gangguan baik pada lapisan kulit maupun jaringan dibawah kulit hingga gangguan pada organ tertentu yang mempengaruhi kulit.

Beberapa kondisi medis yang dapat menimbulkan gejala gatal-gatal pada kulit diantaranya adalah :

  • infeksi
  • alergi
  • iritasi
  • autoimun

Mengenai keluhan yang Anda alami, untuk memastikan diagnosis dan penyebabnya,  perlu penelusuran gejala yang lebih mendalam dan pemeriksaan fisik secara langsung untuk melihat lesi atau ruam yang muncul pada kulit Anda. Umumnya bintik merah gatal yang disertai dengan adanya cairan, bisa terjadi karena infeksi, baik disebabkan oleh virus atau jamur. Namun, dapat juga disebbakan oleh alergi. Kemungkinannya masih cukup banyak sehingga tidak dapat dilakukan pengobatan secara sembarangan karena setiap penyebab akan berbeda cara pengobatannya.

Beberapa kondisi medis pada kulit yang gejalanya menyerupai keluhan yang Anda alami diantanya adalah :

Untuk sementara Anda dapat menggunakan bedak salisil untuk mencegah pecahnya bintik berair dan mengurangi rasa gatal. Namun, untuk pengobatan yang tepat sebaiknya Anda segera memeriksakan diri Anda ke dokter Spesialis Kulit untuk mencegah terjadinya iritasi dan infeksi sekunder akibat garukan yang mungkin tidak disadari.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur penyebab gatal selangkangan dapat menyebar hingga ke paha

Ketahui Penyebab Gatal Selangkangan dan Cara Mencegahnya

Penyebab gatal selangkangan adalah karena infeksi jamur. Kondisi ini dapat diatasi dengan salep atau semprotan antijamur yang dibeli dengan resep dari dokter.