02 Mar 2021, 19:15Kulit & Kelamin

Apa yang menyebabkan bibir kering dan mengelupas ?

ES
Info Penanya: ES0
Bibir saya semenjak jatoh dari motor terkena aspal dan sobek.. bibir saya setiap hari selalu kering dan mengelupas dan membuat bibir saya semakin gede dan tebal.. dari tahun 2012 sampe sekarang masih saya alamin, ini sangat mengganggu bagi saya, adakah yg bisa saya lakukan agar sembuh dan bibir saya mengecil kembali normal lagi?
203 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, E.Memiliki bekas luka terlebih di muka dimana bekas luka yang ada akibat kecelakaan memicu keloid akan menurunkan rasa percaya diri. Bekas luka di wajah dapat dihilangkan dengan berbagai cara seperti perawatan alami di rumah maupun tindakan di dokter spesialis kulit. Perawataan wajah yang rutin dapat menyamarkan bekas luka secara perlahan sehingga Anda dapat percaya diri kembali.

Apa yang menyebabkan bibir kering dan mengelupas ?

Penyebab bibir kering dan mengelupas dimana hal ini terjadi pasca Anda kecelakaan dan terdapat luka robek pada bibir dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Kerusakan saraf dan pembuluh darah bibir.
  • Kebiasaan menjilati, menggigit dan mengelupasi kulit bibir.
  • Tubuh yang kurang cairan.
  • Paparan panas pada tubuh dan wajah terutama saat Anda berkerja di luar ruangan.
  • Kondisi mulut dan bibir kering akibat penggunaan obat-obatan dan kebersihan mulut yang tidak dijaga.
Keloid yang timbul pada bekas luka robek di bibir akan membuat bibir terasa lebih tebal dan hitam. Anda dapat menyamarkan bekas luka robek di bibir dengan terapi laser dan suntikan kortikosteroid berkala di dokter spesialis kulit. Selain itu Anda harsu menjaga kesehatan kulit dan kelembabannya dengan cukup mengkonsumsi air, minum vitamin E, perbanyak konsumsi buah dan sayur, hindari kebiasaan menjilati atau mengelupasi bibir, gunakan pelembab atau madu pada bibir sehingga bibir menjadi lebih sehat, bekas luka menghilang, dan bibir berukuran normal kembali.Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
perawatan kulithiperpigmentasi bibirbibir kering
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil