Bagaimana cara mencegah jerawat?

F Info Penanya: F, Wanita, 20 Tahun
Halo dok, saya mau nanya. Jenis kulit wajah saya berminyak, sehingga jika jerawat bermunculan, belum diapa-apakan sudah mengeras alias tidak matang atau sudah menjadi jerawat batu. Sehingga warna kulit saya menjadi hitam seperti bekas luka, padahal itu jerawat yang tidak jadi. Mohon solusinya. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, F.

Jerawat adalah peradangan pada kulit karena kelenjar minyak yang tersumbat. Jerawat dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, tetapi paling sering menyerang muka dan punggung. Saat mengalami jerawat, kulit akan memerah, bengkak, panas, dan terkadang disertai nyeri.

Jerawat bisa dipicu oleh bakteri Propionibacterium acnes. Selain itu, faktor genetik dan hormonal juga memengaruhi. Faktor gaya hidup tak kalah berpengaruh, misalnya pola makan, penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit, serta stres. 

Pencegahan Jerawat

Terkait kondisi yang Anda alami, yang pertama-tama sebaiknya dilakukan adalah mencegah agar jerawat tidak muncul. Apabila jerawat tidak muncul, jerawat tidak akan meradang atau menghitam. Untuk mencegah jerawat, lakukan hal-hal berikut:

  • Membersihkan kosmetik setelah bepergian
  • Mencuci muka secara rutin dengan produk yang cocok untuk jenis kulit Anda, akan lebih baik apabila produknya rendah bahan kimia atau organik
  • Mengendalikan tingkat stres
  • Mengurangi konsumsi makanan berminyak, berlemak tinggi, dan produk susu

Untuk jerawat atau bekas menghitam yang sudah ada, Anda dapat mencoba mengoleskan bahan alami seperti tea tree oil, cuka apel, atau madu (apabila Anda tidak alergi dengan bahan-bahan tersebut). Jika jerawat tak kunjung membaik dan semakin parah, Anda juga dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan salep atau obat-obatan lainnya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawat di bibir bisa memicu rasa tak nyaman dan mengganggu penampilan

Ini Penyebab Jerawat di Bibir dan Cara Mengobatinya dengan Benar

Selain di area wajah dan punggung, jerawat juga dapat tumbuh di bibir. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Tapi apa sebenarnya penyebab jerawat di bibir dan bagaimana cara mengobatinya?