19 May 2020, 15:07Kulit & Kelamin

Bagaimana mengatasi kulit yang berkerak di sekitar hidung dan mulut?

DA
Info Penanya: DA0
Hallo dok saya arjuna saya pernah pake masker putih telur dok dalam brapa bulan lalu saya berhenti memakai putih telur saya membeli pembersih muka garnier lalu di muka saya di samping hidunb dan di sampinng mulut ada seperti kerak putih putih itu cara menghilangkan nya gimana ya dok..
18078 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat pagi, D.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Kulit berkerak putih merupakan bagian dari kulit yang kering. Kulit kering merupakan kondisi yang umum terjadi. Biasanya terjadi pada daerah tubuh yang terbuka seperti wajah, tangan, dan juga kaki.

Penyebab kulit kering

Ada beberapa penyebab kulit menjadi kering, yaitu:
  • Iritasi.
  • Pertambahan usia.
  • Kebiasaan menggosok-gosok kulit.
  • Perubahan cuaca. 
  • Pemakaian kosmetik atau skin care yang tidak cocok.
  • Kondisi medis tertentu seperti dermatitis atopik atau psoriasis.
  • Terlalu sering mandi dengan air panas.
Terkait dengan gejala Anda ini, kerak putih yang muncul di sekitar hidung dan mulut merupakan kondisi kulit yang kering akibat pemakaian produk skin care yang tidak cocok dengan Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus memberhentikan penggunaan produk tersebut untuk sementara waktu. Lalu, gunakan sabun wajah yang mengandung pelembap serta gunakan juga produk pelembap wajah yang bisa Anda beli bebas di apotek. Selain itu, jangan menggosok-gosok bagian yang berkerak karena akan memperparah kondisi kulit. Gunakan tabir surya untuk menghindari paparan sinar UV dan konsumsi air putih yang banyak kira-kira 2-3 liter sehari agar kondisi kulit kembali lembab. Jika tidak ada perubahan, maka saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kulit agar diberikan terapi yang tepat.Salam sehat,dr. Ester
perawatan kulitkulit keringperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil