11 Mar 2021, 17:06Penyakit Lainnya

Flu singapura, ruam bernanah, kenapa?

ZA
Info Penanya: ZA, Pria, 22 Tahun
Permisi dok, semoga segera dijawab.. jadi dalam semingguan ini anak saya terkena penyakit virus Singapura.. tpi sudah 2 harian ini sudah sembuh karena di mandiin pakai PK. Jadi sekarang tinggal koreng-koreng saja... Tapi dok, saya bingung sekarang malah ada bentol-bentol merah merata di sekujur bayi saya yang berumur 1 tahun, kecil dan sebagian bernanah.. itu bagaimana pengobatannya dan penyakit apa ya dok? Obat selama sakit flu Singapura sanmol untuk demam, kaladin untuk gatal. Terimakasih dok.
188 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, ZTerima kasih atas pertanayan AndaFlu singapura atau seirng juga disebut dengan hand foot and mouth disease adalah suatu penyakit yang disebabkanoleh virus. Walaupun penyakit ini seirng terjadi pada anak usia dibawah 5 tahun tetapi penyakit ini juga bisa menyerang segala usia.

Adapun tanda dan gejala dari flu singapura diantaranya adalah:

  • Demam
  • Nyeri menelan atau sakit teggorokan
  • Sariawan
  • Adanya ruam kemerahan dan bintik-bintik berisi cairandi tangan, kaki atau bahkan pada area pantat
  • Mudah lelah, lemas
  • Hidung berair
Terkait dengan paa yang terjadi pada anak Anda, jika sudha dilakukan pemeriksaan dan tatalaksana oleh dokter terkait dengan flu singapura maka sebaiknya patuhi anjuran dokter dan konsumsi obat yang sudah diberikan oleh dokter sesuai dengan aturan yang sudah diberikan. Jika obat sudah dikonsumsi dan sudah melakukan anjuran dokter namun saat ini bintik-bintik atau ruam tersebut menjadi bernanah,kemungkinan bisa disebabkan karena adanya infeksi bakteri sekunder pada luka atau ruam tersebut. Untuk itu alangkah baiknya segera kontrol dan periksa kembali ke dokter spesialis anak terdekat agar dokter melakukan evaluasi terapi pengobatan yang sudah diberikan. Pastikan asupan gizi dan nutrisi anak Anda tercukupi, pastikan kebutuhan cairan anak tetap terckukupi dengan minum air cukup agar tidak dehidrasi, jaga kebersihan tubuh anak dan lingkungan sekitar, lakukan istirahat cukup. Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
penyakit anakkesehatan anakinfeksi saluran pernapasaninfeksi virus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil