18 Mar 2021, 22:26Kulit & Kelamin

Sering berkeringat dan kulit mengelupas, kenapa?

CG
Info Penanya: CG0
Saya juga mau nanya dok kenapa ya saya sering ganti kulit bisa diblng 2bln / 3bln sekali ganti kulis telapak kaki dan tangan nah sebelum ganti pasti telapak kaki dan tangannya sakit dan gatal tapi kalau digaruk sakit dan juga muncul bentol merah kecil-kecil yg isinya itu air dok nah kebetulan saya memang sering basah telapak kaki dan tangannya. Saya mau itu kenapa ya dok sering ganti kulit dan sakit ditambah muncul bentol merah kecil dok?
224 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, C Terima kasih atas pertanyaan AndaKeluar keringat berlebih bisa disebut dengan kondisi hiperhidrposis. Kondisi ini bisa terajadi seluruh tubuh atau pada bagian tubuh tertentu sperti pada telapak tangan dan telapak kaki. Penyebab dari kondisi hiperhidrosis ini belum diketahui secara pasti, diduga karena pengaruh faktor genetik.Kulit tangan yang mengelupas bisa terjai karena beberapa kondisi, selain karna kondisi yang normal beberapa kondisi medis tertentu pada kesehatan kulit juga bisa mempengaruhinya. Keluhan ini kulit yang mengelupas ini bisa terjadi baik tanpa disertai gejala penyerta ataupun dengan gejala penyerta seperti gatal, ruam kemerahan dan lain sebagainya.

Beberapa penyebab dari kulit telapak tangan mengelupas adalah:

  • Kondisi normal pergantian kulit
  • Iritasi kulit
  • Dermatitis kontak
  • Hiperhidrosis
  • Adanya infeksi pada kulit baik infeksi bakteri, jamur dan lain sebagainya
  • Kondisi medis lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, beberapa kemungkiann penyebab dari kulit tangan yang mengelupas bisa terjadi karena kondisi di atas. Untuk memastikannya lakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter spesialis kulit terdekat.Usahakan Anda tetap menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, hindari kelelahan, konsumsi sayur dan buah, makan makanan bergizi, gunakan minyak alpukat untuk membantu melembabkan kulit yang kering, minum air cukup, gunakan sabun yang mengandung mosturizer, dan minum air cukup.
Semoga bermanfaat.

Salam sehat,
 dr. Dwiana A
kesehatan kulitkulit keringhiperhidrosis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil