30 Sep 2020, 20:24Kulit & Kelamin

Memar pada kulit balita

D
Info Penanya: D, Pria, 26 Tahun
Kulit balita terhisap dan bekasnya (Berwarna merah campur ungu) tidak hilang. Sudah dua hari. Tetapi saat disentuh atau tekan bekasnya balitanya tidak terasa sakit. Mohon jawabannya. Terima kasih.
102 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, D.Bekas merah keunguan pada kulit disebut dengan istilah memar. Hal ini dapat terjadi apabila ada benturan atau cedera, yang dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah kecil di permukaan kulit. Memar bisa disertai dengan rasa nyeri ataupun tidak.Mengenai kondisi Anda tentang kulit balita yang terhisap, hal tersebut juga merupakan suatu cedera ringan dan dapat menyebabkan memar. Oleh karena itu, warna merah keunguan pada kulit balita Anda dapat menghilang dalam jangka waktu sebagai berikut:
  • Sesaat setelah terhisap, memar akan berwarna merah
  • Satu sampai dua hari setelah kejadian, memar akan berwarna keunguan, seperti pada hari Anda mengajukan pertanyaan
  • Sekitar enam hari setelah kejadian, memar akan menjadi kehijauan
  • Sekitar satu minggu setelah kejadian, memar akan menjadi kekuningan atau cokelat muda, dan akhirnya menghilang
Jadi, agar memar pada kulit balita Anda hilang, Anda sebaiknya memantau kondisi sampai 5-7 hari ke depan. Apabila berangsur-angsur sembuh, maka tidak perlu dikhawatirkan, ya. Anda cukup menjaga balita Anda agar tidak lagi mengalami cedera karena terhisap atau penyebab lainnya.Namun, apabila memar tak kunjung hilang setelah 14 hari timbul, atau muncul memar di tempat lain walaupun tidak ada benturan, periksakan balita Anda ke dokter spesialis anak, agar diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
cedera anakmemarcedera
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil