Kulit anak kering, mudah bentol dan gatal. Solusinya apa ya?

K Info Penanya: K, Wanita, 5 Tahun
Kulit anak dari kecil kering dan mudah bentol dan gatal. Solusi agar dapat mengurangi kering dan gatal2 apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, K

Terimakasih sudah bertanya di Forum SehatQ.

Kemungkinan kulit anak anda termasuk yang sensitif sehingga mudah kering dan gatal. Kulit kering akan mudah teriritasi sehingga menjadi kemerahan, timbul bentol atau gatal-gatal.

Anda perlu menjaga kelembaban kulit anak anda dengan produk yang pH balance dan lembut untuk kulit anak. Apakah anak anda termasuk anak yang aktif? Bila iya anda perlu mengganti bajunya setelah bermain dan basah saat berkeringat. Untuk mencegah biang keringat karena dapat mengakibatkan gatal.

Hindari paparan langsung dari sinar matahari dan bila sudah terlalu lama bermain istirahat dahulu di ruangan yang sejuk. Pada saat mandi tidak perlu dengan air panas agar kulit mendapat tidak terlalu banyak terpapar panas.

Makanan yang perlu dihindari adalah yang menyebabkan gatal seperti coklat, kacang dan produk susu sapi terutama mereka yang sensitif/alergi terhadapnya.

Untuk konsultasi langsung bisa dengan Dokter Anak anda untuk mendapat informasi dan terapi yang sesuai.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

K
08 Aug 2019, 13:30
Oh iya dok, kalau minum susu sapi tambah parah bentolnya, bentol disertai ada air.Bila dikasih minyak zaitun apakah diperbolehkan? Anak usia 5 tahun.
K
08 Aug 2019, 13:30
Oh iya dok, kalau minum susu sapi tambah parah bentolnya, bentol disertai ada air.Bila dikasih minyak zaitun apakah diperbolehkan? Anak usia 5 tahun.
AZ
10 Aug 2019, 23:29
Minyak zaitun boleh saja dioleskan. Tapi lebih baik dibiarkan saja dahulu agar kulitnya bisa istirahat. Untuk mengurangi gatal bisa dengan bedak / lotion anti alergi yang dijual bebas.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutu rambut bisa bermutasi dan kebal terhadap sampo kutu sehingga sulit diobati

Mengapa Shampo Kutu Kadang Gagal Hilangkan Kutu Rambut?

Efektivitas produk sampo antikutu lambat laun menurun dalam membasmi kutu rambut. Hal ini disebabkan kutu rambut telah kutu rambut bermutasi genetik dan kebal. Salah satu cara menghilangkan kutu rambut adalah rutin menyisir rambut dengan sisir serit.