Kuku tangan teras anyeri saat mengepalkan tangan

EU Info Penanya: EU, Wanita, 22 Tahun
Selamat siang dokSaya ingin bertanya, akhir-akhir ini pada bagian kuku tangan saya agak nyeri ketika saya mengepalkan tangan padahal pada kuku tidak ada hal aneh. Kira-kira apa ya dok penyebabnya.?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang EU,

Keluhan nyeri pada kuku tangan bisa timbul karena beberapa penyebab seperti:

  • Adanya gangguan pada kuku seperti infeksi atau cantengan
  • Gangguan pertumbuhan kuku
  • Infeksi jamur kuku
  • Cedera pada jari
  • Gangguan pada jari dan tangan seperti radang sendi, gangguan tendon, gangguan saraf, gangguan kulit sekitar jari dan lainnya

Perhatikan kondisi apa yang memicu timbulnya nyeri dan apakah ada kondisi pada kuku yang menimbulkan perubahan atau nyeri. Kompres bagian kuku yang nyeri menggunakan kompres dingin, hindari memotong kuku terlalu pendek, jaga kebersihan dan kesehatan kuku, hindari kebiasaan mengigit kuku, dan juga batasi aktivitas menggunakan tangan dan jari seperti misalnya mengetik, menulis atau menggunakan gadget agar membantu mengurangi nyeri.

Jika keluhan tidak membaik dan menimbulkan rasa mengganggu saat beraktivitas maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter agar diketahui penyebabnya dan dilakukan penanganan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur pada vagina atau kandidiasis vagina adalah penyakit yang dialami oleh tiga dari empat wanita

Kenali Gejala Keputihan dan Penyebabnya agar Lebih Waspada

Infeksi jamur vagina menyebabkan keputihan yang sangat gatal dan dialami oleh tiga dari empat wanita. Keputihan dapat menimbulkan iritasi dan mengganggu keseharian kaum hawa. Gejala keputihan antara lain kulit merah, rasa panas dan terbakar di vagina, dan cairan putih yang kental.