kuku tangan kuning disertai sakit perut

ES Info Penanya: ES, Wanita, 1 Tahun
dok saya mau tnya knp yg kuku tangan saya kuning perut saya jga gk enak sakit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, ES.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kuku merupakan bagian kecil tubuh yang dapat menunjukan keadaan tubuh secara keseluruhan. Kondisi medis dan penyakit tertentu dapat tergambarkan pada keadaan kuku. Mulai dari gangguan pada hati, paru-paru hingga jantung dapat terindikasikan pada kuku.

Beberapa contoh dari keadaan kuku yang mengindikasikan gangguan kesehatan adalah warna kuku yang berbeda (pucat, putihm kebiruan kuning), tekstur kuku yang berubah (berlubang-lubang, lipatan yang membengkak, kering), konsistensi kuku yang menjadi rapuh, retak hingga pecah.  

Kuku tangan yang menguning adalah salah satu keadaan perubahan warna kuku yang dapat mengindikasikan adanya gangguan yang ringan maupun berat.

Berikut beberapa kondisi tertentu dan gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan kuku menguning, diantaranya adalah :

  • infeksi jamur
  • masalah pada sistem limfatik
  • penyakit autoimun, seperti psoriasis atau rematoid artritis
  • diabetes
  • penyakit infeksi paru-paru
  • penyakit hati
  • efeksamping konsumsi obat-obatan tertentu
  • gangguan tiroid
  • penggunaan cat kuku berlebih
  • faktor genetik atau keturunan

Terkait dengan keluhan Anda, kuku yang menguning dan keadaan perut yang tidak enak serta cenderung sakait yang Anda alami mungkin berhubungan dan juga tidak berhubungan. Jika kuku kekuningan yang Anda alami berhubungan dengan nyeri perut, perlu untuk diwaspadai karena dapat mengindikasikan gangguan pada hati. Tetapi hal ini perlu dikonfirmasi kembali dengan berbagai peemriksaan oleh dokter secara langsung. Maka dari itu, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri, terutama jika keluhan yang dialami disertai demam dan gangguan pada buang air besar (BAB).

Untuk sementara Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek seperti paracetmol untuk mengurangi nyeri pada perut Anda, disertai dengan konsumsi suplemen zinc, curcuma dan vitamin E untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ensefalitis bisa disebabkan oleh virus herpes simplex. (Foto: IG: bimasakti230176)

Mengenal Ensefalitis, Penyebab Pemain Timnas U-16 Alfin Lestaluhu Meninggal

Bek kanan andalan Timnas Indonesia U-16 itu meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta pada Kamis (31/10) karena penyakit ensefalitis dan hipoalbuminemia. Seperti apa gejalanya?