Kuku rusak rapuh

F Info Penanya: F
Pagi dok,,,,Cara mengobati kuku yang rusak dan rapuh gmna dokter,,,saya sudah mencoba menggunakan Emtrik tapi tidak sembuh,,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, F.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kuku merupakan bagian tubuh yang terkadang tidak terlalu diperhatikan, padahal kelainan pada kuku dapat menjadi gambaran pada kesehatan secara keseluruhan pada seseorang. Begitu pula kuku rusak dan rapuh, dapat merupakan gambaran kelainan pada kuku saja ataupun mengindikasikan masalah kesehatan secara keseluruhan. Pada keadaaan penyakit tiroid pun keadaan kuku yang rusak dan rapuh dapat terjadi. Namun, apabila keluhan tersebut disertai adanya rona kekuningan maka kemungkinan penyebabnya adalah infeksi jamur atau yang dikenal dengan onikomikosis.

Pada keadaan onikomikosis, infeksi jamur menyebar dari kulit lalu memenuhi kulit di bawah kuku. Umumnya obat yang diberikan pada keadaan tersebut adalah obat anti jamur topikal, namun apabila kelainannya sudah berat maka dokter dapat memberikan serta obat anti jamur oral.

Namun hal ini harus dipastikan terlebih dahulu dengan pemeriksaan secara langsung oleh dokter, sehingga penanganannya akan sesuai dengan penyebab dari kelainan yang Anda alami.  

Selain itu kuku yang rusak dan rapuh mungkin juga disebabkan oleh adanya keadaan kekurangan nutrisi tertentu seperti zat besi, kalsium, vitamin B7 (biotin), vitamin A hingga zinc. Maka sebaiknya Anda juga menyertakan suplemen multivitamin dan makanan kaya akan nutrisi tersebut agar kebutuhannya tercukupi. 

Berikut saya lampirkan artikel terkait jamur pada kuku dan kelainan kuku lainnya sebagai informasi tambahan untuk Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kuku berwarna ungu bisa menandakan adanya gangguan jantung hingga paru-paru

Penyebab Kuku Berwarna Ungu: Tidak Cuma Terjepit, Bisa Saja Penyakit

Kuku berwarna ungu karena terjepit sudah biasa. Namun ternyata, kondisi ini juga bisa menjadi pertanda penyakit lain yang lebih serius, seperti jantung, hingga gangguan paru-paru.