kuku cantengan kambuh lagi, bagaimana mengatasinya?

A Info Penanya: A, Pria, 16 Tahun
dok kuku saya habis di cabut karena cantengan, namun pas kuku nya tumbuh cantengan kambuh lagi, memang seperti itu atau gimana dong ?, apakah bisa sembuh sendiri?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A,

Cantengan atau ingrown nail adalah pertumbuhan kuku yang tidak kearah yang baik sehingga bisa menusuk kulit dan membuat luka. Tidak jarang luka dapat menjadi infeksi dan menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu.

Cantengan sendiri bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti:

  • Memotong kuku terlalu dalam
  • Cedera pada kuku 
  • Menggunakan alas kaki yang sempit
  • Kebersihan kulit dan kuku kaki yang tidak terjaga baik, bisa karena lembap atau keringat berlebih
  • Mencabut atau merobek ujung kuku tidak menggunakan gunting kuku

Untuk mengatasi cantengan bisa dengan menggunakan salep antibiotik, merendam kaki pada air hangat, hindari alas kaki yang sempit dan tertutup, dan jika nyeri bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. Jika tidak membaik maka perlu dilakukan operasi cantengan dengan mencabut kuku.

Cara mengatasi cantengan yang kambuh

Apabila setelah dilakukan pencabutan tapi kembali terjadi cantengan, maka perlu diperhatikan faktor yang jadi pemicunya. Upayakan tidak memotong kuku terlalu dalam, upayakan arah pertumbuhan kuku tidak menusuk ke sisi kulit jari, potong kuku secara teratur tetapi jangan terlalu dalam dan potong dengan lurus, tidak perlu melengkung mengikuti bentuk jari.

Upayakan juga tidak menggunakan alas kaki tertutup dan sempit, jaga kebersihan kaki dengan rajin mencuci kaki dan keringkan sampai benar-benar kering agar tidak lembap. Semgga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rambut rontok merupakan salah satu tanda kekurangan protein pada tubuh

Satu Miliar Orang Bisa Mengalaminya, Apa Tanda Kekurangan Protein?

Tanda kekurangan protein bisa membuat mudah sakit, rambut rontok, rentan patah tulang, bahkan terjadi penumpukan cairan dalam tubuh.