Kue kering lebaran dapat sebabkan stres, benarkah?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Hi dok, apa betul mengonsumsi kue kering lebaran dapat sebabkan stress?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Lebaran adalah waktu yang ditunggu-tunggu selain bisa berkumpul dengan sanak saudara juga tersedia banyak makanan dan kue kering yang sangat menggiurkan.

Kue kering pada umumnya dibuat dengan menggunakan mentega, gula, dan bahan-bahan lainnya. Sayangnya di dalam kandungan mentega yang digunakan seringkali mengandung lemak trans atau lemak jenuh yang pada beberapa penelitian disebutkan bisa memicu stres.

Namun selain stres, tentunya asupan kue kering perlu dihindari untuk mencegah penyakit seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes, stroke, dll karena kue kering sangat tinggi kalorinya.

Sebagai perbandingan bila Anda mengonsumsi kue kering sepert nastar maka 3 biji nastar setara dengan sepiring nasi kalorinya. Maka Anda perlu berpikir ulang sebelum mengonsumsi kue kering.

Beberapa tips kue kering yang sehat adalah:

  1. Gunakan campuran oat, kurma, atau susu.
  2. Kurangi takaran gula dan menteganya.
  3. Hindari memakan kue kering sembari berbincang atau menonton televisi.
  4. Ambil kue kering dan letakkan di piring kecil, sehingga Anda tau kira-kira mau makan sebanyak apa agar tidak lepas kendali.

Selain itu Anda perlu tetap mengonsumsi sayur dan buah serta olahraga secara teratur dan batasi asupan kue kering untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

nyeri dada ciri-ciri kolesterol tinggi

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi yang Wajib Diwaspadai

Ciri-ciri kolesterol tinggi biasanya tidak terdeteksi dan hanya disadari ketika sudah terjadi komplikasi, seperti nyeri di dada. Namun, siapa sangka, beberapa orang bisa mengalami dampak dari kolesterol tinggi seperti impotensi dan kemunculan xanthomas.