Kudis di kaki yang sudah bertahun-tahun, bagaimana penanganannya ?

A Info Penanya: A
Hello dokter, kaki saya itu sudah bertahun berkudis. Udah bermacam-macam obat udah saya pake, bisa sembuh sedikit lalu dia balik lagi. Gimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, A.

Kudis adalah gangguan kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Kudis dapat dengan cepat menular melalui kontak fisik maupun penggunaan barang seperti pakaian yang sama karena tungau tersebut dapat menempal. Sehingga dibutuhkan pengobatan untuk seluruh keluarga atau kerabat yang tinggal bersama apabila ada yang telah terinfeksi kudis.

Adapun tanda dan gejala kudis yang meliputi :

  • rasa gatal yang semakin terasa di malam hari
  • adanya goresan pada kulit yang terinfeksi sehingga menjadi luka
  • adanya ruam seperti gigitan kecil dan benjolan dibawah kulit
  • area yang biasanya terkena mulai dari sela jari, pergelangan tangan, siku, ketiak, perut, pinggang, bokong, penis hingga kaki

Mengenai keluhan kudis Anda yang menahun perlu ditelaah terlebih dahulu apakah benar berupa kudis dan sesuai dengan gejala yang telah dipaparkan diatas ? Ataukah yang dimaksud adalah masalah kulit lainnya. Karena umumnya kudis dapat diobati sampai tuntas dengan penggunaan obat topikal yang diberikan dokter untuk membasmi tungau-tungau yang menginfeksi. Selain itu umumnya keadaan ini dapat tuntas dalam waktu yang relatif tidak terlalu lama seperti hitungan bulan dan tidak mencapai hitungan tahun.

Untuk memastikannya Anda perlu untuk memeriksakan diri ke dokter Kulit dan apabila sudah, ada baiknya untuk kontrol kembali agar penanganannya bisa dilakukan hingga tuntas. Namun demikian, apabila ternyata yang Anda alami berupa peradangan kulit atau dermatitis, maka keluhan dapat menetap dan kambuhan karena bersifat kelainan kulit bawaan. Sementara Anda dapat menggunakan krim belerang dan lotion kalamin untuk membantu mengurangi keluhan yang dirasakan.

Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Khasiat minyak bulus untuk memperbesar payudara belum teruji secara ilmiah

Khasiat Minyak Bulus, Benarkah Bikin Payudara Lebih Besar?

Minyak bulus adalah minyak yang berasal dari ekstrak hewan bulus. Khasiat minyak bulus spesifik untuk memperbesar payudara atau penis belum terbukti secara ilmiah.