Bagaimanakah ciri-ciri dari sperma pria yang baik?

N Info Penanya: N, Wanita, 1 Tahun
Dok, saya mau tanya.Laki laki umur 60 tahun sperma nya masih subur ga? Dan mempunyai penyakit diabetes dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Setiap pria pasti menginginkan untuk dapat memiliki sperma yang baik dan sehat. Kualitas dari seperma seorang pria sangat menentukan kesuburan dari pria tersebut. Saat melakukan ejakulasi, terdapat jutaan sel sperma yang keluar dari tubuh pria. Namun, cukup dengan 1 sel sperma saja dengan kualitas baik yang bertemu dengan sel telur wanita dapat menyebabkan kehamilan.

Adapun ciri-ciri sperma yang sehat adalah:

  • Jumlah sperma
    • Dalam 1 mililiter air mani pria normalnya terdapat 15 juta - 200 juta sel sperma. Apabila seorang pria mempunyai jumlah sel sperma kurang dari 15 juta saat melakukan ejakulasi, bisa dikatakan memiliki jumlah sel sperma yang sedikit. Kondisi ini dalam istilah medis disebut dengan oligospermia.
  • Bentuk / struktur sperma
    • Normalnya, bentuk sel sperma pada bagian kepala adalan berbentuk obal dan memiliki ekor yang panjang. Hal ini bertujuan agar sel sperma dapat bergerak secara optimal. Apabila terdapat sel sperma dengan bentuk yang tidak normal, maka kondisi ini dapat mempengaruhi kemampuannya untuk membuahi sel telur.
  • Pergerakan sperma
    • Gerakan sperma ini sangat berperngaruh pada proses pembuahan. Karena sperma  membutuhkan perjalanan yang panjang untuk dapat bertemu dengan sel telur. Pria yang normal mempunyai sel sperma 32-75% sel sperma dengan militas (pergerakan) normal

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, untuk mengetahui kesuburan seorang pria perlu dilakukan pemeriksaan tes analisa sperma. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi kualitas sperma pada pria diantaranya adalah jenis celana yang digunakan (celana yang terlalu ketat tidak baik), adanya riwayat sering mengonsumsi alkohol, adanya riwayat mengonsumsi obat-obatan, Adanya riwayat merokok dan lain sebagainya. Pastikan Anda tetap konsumsi makanan sehat dan bergizi, cukupi kebutuhan cairan, dan olahraga dengan rutin.  Periksakanlah diri Anda ke dokter spesialis Andrologi, bila terdapat keluhan terkait kesuburan pria.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Normozoospermia mengindikasikan kualitas sperma yang subur

Normozoospermia, Golongan Sperma Subur untuk Mencapai Kehamilan

Normozoospermia merupakan spesifikasi yang digunakan dalam tes pemeriksaan sperma untuk menandakan kualitas dan kuantitas sperma dalam kondisi normal (subur). Hasil tes ini juga dapat mengindikasikan tingkat kesuburan Anda,