Kristal pada ginjal, apakah batu ginjal?

SA Info Penanya: SA
Dok saya mau tanya, temen saya setiap kali haid perutnya sakit yg tidak biasa sampai dia pingsan, dan kemarin setelah periksa kata dokternya ada kristal didekat ginjal, apa itu gejala batu ginjal apa kista ya dok?Mohon jawabannya dok?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SA

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Batu ginjal disebabkan oleh ebberapa hal, dan bisa memebrikan dampak terhadap saluran kemih mulai dari ginjal, hingga kandung kemih. Batu ginjal umumnya terbentuk pada saat konsentrasi mineral dalam air kencing menjadi tinggi sehingga mineral tersebut mengkristal atau sering disebut dengan istilah kristal pada ginjal. Batu ginjal atau sering juga disebut dengan istilah kencing batu ini dapat menyerang salah satu ginjal ataupun keduanya. Gejala yang ditimbulkan sangat bergantung pada lokasi sumbatan (batu) tersebut. 

Adapun beberapa gejala dari batu ginjal diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Urin berwarna kemerahan 
  • Nyeri pinggang atau perut (nyeri berupa kolik (serangan hebat, secara tiba-tiba) atau rasa panas terbakar dan tidak nyaman)
  • Nyeri pada saat buang air kecil
  • Urin berbau
  • Pembesaran ginjal (bila terjadi sumbatan saluran kemih)
  • Demam (bila terjadi infeksi sekunder)
  • Timbul rasa ingin berkemih namun tidak lampias

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika nyeri dirasakan saat sedang haid maka dikahwatirkan adanya masalah lain pada organ reproduksi wanita. Untuk itu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis urologi / dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait keluhan yang dirasakan.

Pastikan tetap menjalani pola hidup sehat, makan makanan bergizi, cukupi kebutuhan cairan harian, dan lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penurunan berat badan mempengaruhi metabolisme tubuh terhadap kolesterol.

Terapkan Cara-Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami ini!

Cara menurunkan kolesterol alami dasarnya adalah pola makan sehat. Selain itu, perlu pergantian pola hidup sehat, berupa penurunan berat badan, berolahraga, berhenti merokok, dan batasi alkohol.