krim pemutih yang mengandung merkuri, apakah akan berakibat fatal

D Info Penanya: D, Wanita, 19 Tahun
6minggu, tak sengaja terkena krim pemutih yg mengandung merkuri, mengetahui hal tersebut, langsung saya cuci, yg saya tanyakan, apakah akan berakibat fatal? sebab krim tersebut cukup banyak terkena dikaki saya saya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi D

Penggunaan krim pemutih kulit yang mengandung merkuri telah lama dilarang karena memberi efek yang berbahaya. Efek dari krim pemutih dengan merkuri dapat menipiskan kulit dan mencegah melanin kulit sehingga kulit terkesan putih, namun pada tahap lanjutan merkuri dapat merusak kulit dan terserap ke dalam tubuh. Efek kurakan kulit yang terjadi dapat memicu kanker kulit, sedangkan pada organ tubuh lainnya merkuri menjadi zat kimia yang merusak jantung, memicu gagal ginjal, merusak saraf dan otak. 

Jika sudah terlanjut menggunakan krim merkuri segera cuci bersih, jika terdapat keluhan pada kulit dan tubuh anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selalu perhatikan kandungan produk untuk mencegah reaksi berlebihan di kulit sensitif

Produk-produk yang Harus Diperhatikan dalam Merawat Kulit Sensitif

Kulit sensitif membutuhkan perawatan yang agak berbeda dengan kondisi kulit lain. Produk perawatan kulit sensitif biasanya tidak mengandung bahan kimia berbahaya, alkohol, dan wewangian.